Universitas Pasir Pengaraian Jalin MoU dan MoA dengan Kampus KLMUC Malaysia

MALAYSIA – Untuk meningkatkan mutu pendidikan berskala internasional, Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dan juga Memorandung of Agreement (MoA) dengan Kuala Lumpur Metropolitan University (KLMUC) Malaysia.

Kerjasama itu dilakukan pada Senin 22 Juli 2024 di Aula Kampus Kuala Lumpur Metropolitan University (KLMUC) Malaysia yang langsung di hadiri oleh Rektor UPP beserta rombongan yang terdiri Wakil Rektor II UPP, dosen dan karyawan UPP.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT kepada Riauposting.net, Kamis (25/07/2024) mengatakan, kerjasama yang dijalin Universitas Pasir Pengaraian dengan Kampus Kuala Lumpur Metropolitan University (KLMUC) Malaysia dibidang Penelitian, Pertukaran Mahasiswa, Dosen mengajar, dan magang serta pengabdian bersama.

“Kami berkomitmen untuk menjalin hubungan internasional yang luas dalam memberikan dampak yang baik, terutama terhadap kualitas bidang akademik. Kolaborasi kali ini merupakan sebuah langkah dalam memperluas jaringan jalinan kerja sama dan dampak secara global dengan berbagai universitas terbaik di luar negeri dengan semakin erat. Terutama dalam hubungan diplomasi antara UPP Indonesia dan KLMUC Malaysia,” ujarnya.

Hardianto juga menambahkan, bahwa kolaborasi global dengan KLMUC Malaysia membuktikan komitmen UPP untuk menjadi world class university. “Kami tidak hanya ingin UPP menjadi nomor satu di Rokan Hulu saja, akan tetapi juga dapat bersaing di tingkat internasional. Oleh karena itu, kami selalu ingin meningkatkan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi yang terbaik di seluruh dunia,” ungkap Rektor UPP.

Lanjut Rektor UPP, adapun rencana kegiatan yang sudah disepakati dengan pihak kampus KLMUC Malaysia tentang, Student exchange atau pertukaran mahasiswa, Penelitian bersama, Pengabdian bersama, dan pada September 2024 akan dilaksanakan pertukaran dosen mengajar.

“Kami beharap, diawal semester 2024 ini, kolaborasi antara Universitas Pasir Pengaraian dengan Kuala Lumpur Metropolitan University (KLMUC) Malaysia sudah dilaksanakan kuliah bersama dan juga pertukaran dosen maupun pertukaran mahasiswa,” terang Hardianto.