Mahasiswa Fekon UPP Lakukan Kunjungan Industri ke Pabrik Coklat Beryls Malaysia

PASIRPENGARAIAN – Demi meningkatkan wawasan sumber daya manusia, Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, melakukan kunjungan industri di ke Pabrik Cokelat Beryls di Malaysia.

Kunjungan industri itu dilakukan pada Senin 22 Juli 2024 yang diikuti puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian, juga dihadiri Rektor UPP Dr Hardianto MPd CPCT, Wakil Rektor II UPP H. Hidayat SE MM CPHCM dan beberapa dosen Pembimbing.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT Jumat (26/07/2024) kepada Riauposting.net mengatakan, kunjungan industri adalah kegiatan di mana sekelompok orang, seperti atau mahasiswa, mengunjungi perusahaan atau pabrik dalam industri tertentu untuk melihat dan belajar tentang proses produksi, praktik bisnis, dan operasi perusahaan tersebut. Tujuan dari kunjungan industri adalah memberikan pemahaman praktis kepada peserta tentang bagaimana konsep-konsep yang dipelajari di kelas diterapkan dalam dunia nyata.

“Selama kunjungan industri, mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana perusahaan menjalankan operasionalnya, menggunakan teknologi, mengatur produksi, dan berinteraksi dengan pelanggan atau pasar,” tuturnya.

Selain itu, melalui kunjungan industri, mahasiswa dapat berkomunikasi dengan para profesional industri, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan wawasan tentang peluang karir dan tren industri.

“Kunjungan industri juga memungkinkan bagi mahasiswa untuk melihat dan memahami secara langsung bagaimana konsep-konsep yang dipelajari dan diterapkan dalam praktik di dunia nyata atau industri,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UPP, Nurhayati SE MSi menerangkan, selama kegiatan kunjungan industri ke Pabrik Coklat Beryls Malaysia tentang persetujuan kunjungan industri yang merujuk ke mata kuliah prodi sebagai bentuk realisasi project mahasiswa.

“Kemudian, melalui kunjungan industri merupakan project mahasiswa yang dibuat dalam bentuk pembuatan laporan anggaran perusahaan khusus pada Anggaran produksi, Anggaran biaya tenaga kerja, Anggaran bahan baku, dan Anggaran biaya overhead,” paparnya.

Dekan Fakultas Ekonomi UPP itu juga menambahkan, pabrik coklat beryls Malaysia merupakan pabrik yang memperoduksi coklat untuk di pasar local dan global. Dimana pabrik tersebut didirikan sejak puluhan tahun yang silam dan terus berkembang hingga kini.

“Hal ini menjadi salah satu alas an penting Fakultas Ekonomi UPP melakukan kunjungan industri tersebut. Kami memilih Veryls sebagai salah satu kunjungan, karena ini memang salah satu pabrik coklat yang memang asli dari Malaysia,” terang Dekan Fekon UPP.