Bertemakan How to be a Good Public Speaker, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP Gelar Kuliah Umum

PASIRPENGARAIAN – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar Kuliah Umum melalui sistem daring (Webinar) pada Selasa (22/12/2020) pagi.

Webinar untuk kesekian kalinya yang ditaja oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP itu dengan mengusung tema “How To Be a Good Public Speaker” dan dibuka secara langsung Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd yang mendatangkan Narasumber dari Universitas Riau, Dr Afrianto Daud SPd MEd.

Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd dalam sambutannya menyampaikan, semoga webinar ini dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan semua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan mahasiswa Prodi lainnya bisa lebih mengasah kemampuan menjadi seorang pembicara yang baik.

“Kami berharap dengan kuliah umum ini seluruh mahasiswa kita, baik mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris maupun mahasiswa prodi lainnya mampu mengasah kemampuan mahasiswa menjadi seorang pembicara yang baik,” tutur Hardianto.

Dr Afrianto Daud SPd MEd dari UNRI sebagai Speaker, dalam pembukaannya mengatakan, bahwa ini merupakan kali keempat dirinya di undang sebagai Speaker oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP.

“Biasanya kita dapat berkunjung langsung ke UPP namun kali ini kegiatan ini harus dilakukan secara daring, mengingat kondisi sekarang ini kita berada di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Ka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP, Batdal Niati MPd mengatakan,  bahwa kuliah umum tersebut diikuti oleh seluruh dosen Pendidikan Bahasa Inggris diantaranya, Rivi Antoni MPd,  Andri Donal MPd, Evi Kasyulita, Eripuddin MPd dan Wirda Jannatul Jannah MPd dan seluruh mahasiswa semester 1, 5 dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kuliah umum yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut dipandu oleh moderator yang juga Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP, Pipit Rahayu MPd.

Pipit mengatakan, bahwa ini adalah webinar terakhir dan merupakan webinar penutup di tahun 2020 ini dan harapannya semoga ditahun berikutnya kita tidak melakukan Webinar lagi melainkan Seminar Nasional yang dilakukan secara offline .

Pada webinar terakhir ini, mahasiswa yang hadir tampak begitu antusias dengan webinar tersebut, terlihat dari banyakknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Berdasarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr Afrianto, ada satu kutipan yang sangat mendasari seorang public Speaaker yaitu “if you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives.