Generator Portabel - Penggunaan Aman

Permintaan generator portabel telah meningkat secara substansial dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak alasan untuk peningkatan ini. Generator portabel darurat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi individu dan komunitas, membantu menyelamatkan nyawa, dan mengurangi kesulitan yang disebabkan oleh bencana alam dan pemadaman listrik yang berkepanjangan. Konsumen harus, bagaimanapun, menyadari bahaya yang terkait dengan penggunaan generator listrik yang tidak tepat. Kami akan menyoroti beberapa di antaranya dalam paragraf berikut.

Generator Portabel Menghasilkan Karbon Monoksida Beracun

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna yang dibuang di knalpot generator. Menghirup karbon monoksida seringkali mematikan, dan sejumlah kematian terjadi setiap tahun akibat penggunaan genset oleh konsumen.

Pada tahun 2004, Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) mempelajari kematian akibat penggunaan generator menyusul empat badai besar yang melanda daratan di negara bagian Florida. Menyalakan AC dan peralatan lain selama jam malam adalah faktor utama yang diidentifikasi dalam kematian terkait generator dalam studi CPSC Florida, dan dalam setiap kasus yang dikutip, lokasi generator portabel yang tidak tepat menjadi kunci dari hasil yang tragis. Pada tahun 2000, dua anak yang berenang di belakang rumah perahu keluarga di Danau Powell di Utah tenggelam setelah kehilangan kesadaran saat generator portabel di bawah dek renang mengeluarkan asap yang berbahaya. Sekali lagi, penempatan generator yang digunakan konsumen yang tidak direncanakan dengan baik disebut-sebut sebagai penyebab utama tragedi tersebut.

Karena banyak insiden serupa, Komisi Keamanan Produk Konsumen mengumumkan pada bulan Desember 2006 bahwa semua generator baru yang dijual setelah Maret 2007 dibubuhi label yang mencantumkan data teknis dan kinerja, selain peringatan berikut:

"Menggunakan genset di dalam ruangan DAPAT MEMBUNUH ANDA DALAM HITUNGAN MENIT. Knalpot genset mengandung karbon monoksida. Ini adalah racun yang tidak dapat Anda lihat atau cium. JANGAN PERNAH menggunakan (generator) di dalam rumah atau garasi, MESKIPUN pintu dan jendela terbuka. HANYA gunakan di luar dan jauh dari jendela, pintu, dan ventilasi."

sewa genset pekanbaru , CDC melaporkan bahwa generator portabel kecil akan menghasilkan tingkat karbon monoksida dari enam mobil yang tidak digunakan, sebuah kenyataan yang mengejutkan banyak konsumen. Tingkat karbon monoksida dapat diperparah dengan penggunaan generator karena gasnya berat dan cenderung tertinggal, sehingga sulit untuk dikeluarkan dari area yang terinfeksi. Ini berarti bahwa generator tidak pernah aman untuk digunakan di dalam ruangan, termasuk di dalam garasi terbuka, dan selama pengoperasian generator harus ditempatkan sejauh mungkin dari unit atau bangunan tempat tinggal. Secara khusus, pengoperasian di dekat jendela, pintu kasa, ventilasi, dan saluran pendingin udara harus dihindari. Operator juga harus mencatat arah angin, dan menempatkan generator sehingga arus udara yang ada membawa asap menjauhi bangunan atau tempat tinggal terdekat.

Meskipun semua generator portabel menghasilkan karbon monoksida, model tertentu menghasilkan lebih sedikit emisi CO2 daripada yang lain. Misalnya, generator yang dilengkapi dengan mesin katup atas (OHV), desain standar dalam model modern, menghasilkan lebih sedikit emisi karbon monoksida daripada model yang menggunakan mesin pushrod katup samping yang lebih tua. Setiap konsumen yang bermaksud menggunakan generator portabel di lokasi dengan aliran udara terbatas harus mencari model yang menghasilkan emisi sesedikit mungkin.

Generator Portable harus Kering dan Bebas dari Puing

rental genset pekanbaru, Penggunaan generator portabel darurat yang aman memerlukan perencanaan. Karena generator portabel sering digunakan dalam cuaca buruk, atau pada malam hari saat jarak pandang terbatas, memahami bagaimana dan di mana menggunakannya terlebih dahulu sangatlah penting. Yang terbaik adalah mengoperasikan generator hanya di area terbuka, dan, bila memungkinkan, di lokasi di mana generator akan terlindung dari puing-puing yang berjatuhan seperti daun dan ranting, dan dari tiupan hujan, hujan es, atau salju. Generator portabel tidak boleh basah selama pengoperasian. Seorang operator juga tidak boleh berdiri di air atau di tanah lembab ketika dia menyalakan generator portabel. Generator portabel harus selalu diarde sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Metode pengardean bervariasi menurut model generator, tetapi secara umum generator harus dihubungkan ke benda logam tetap (misalnya, pipa air dingin - keran untuk selang atau alat penyiram di bagian luar rumah dapat menjadi pilihan yang efektif untuk penggunaan generator. ).

Jika puing-puing berat jatuh ke mesin generator portabel, menutupinya atau membatasi aliran udara, unit dapat menjadi terlalu panas, menghasilkan tingkat panas yang berbahaya yang bahkan dapat menyulut puing-puing. Jika memungkinkan, operator harus mengeluarkan serpihan yang tidak diinginkan dari generator menggunakan udara bertekanan daripada menyendoknya dengan tangan.