UPP Sambut Kedatangan 29 Mahasiswa Baru Penerima Beasiswa SDMPKS dari Berbagai Penjuru Indonesia

PASIRPENGARAIAN – Civisatas akademika Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, antusias menyambut kedatangan mahasiswa baru yang menerima beasiswa dari  Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan RI atau yang dikenal SDMPKS tahun 2024.

Dimana penyambutan kedatangan mahasiswa baru SDMPKS itu berlangsung di Aula UPP pada Selasa (10/09/2024) pagi. Sebanyak 29 mahasiswa baru yang menerima SDMPKS dari sabang sampai merauke itu akan melaksanakan perkuliahan di UPP sampai selesai.

Ketua YPRH. Ir H Hafith Syukri MM menyampaikan selamat datang di Negeri Seribu Suluk kabupaten Rokan Hulu. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi UPP dengan hadirnya Mahasiswa baru dari berbagai Provinsi di Indonesia. Mereka akan menimba ilmu di Kampus UPP sampai selesai pendidikannya.

“Mahasiswa yang datang ini merupakan Mahasiswa yang menerima Beasiswa dari Ditjen Perkebunan yang dikenal dengan beasiswa SDMPKS. Sebanyak 29 Mahasiswa dari Sabang sampai Merauke ini akan berkampus di UPP yang berada di Kabupaten Rokan Hulu,” ucap Hafith.

“Kami dari yayasan sangat mendukung dan bangga atas pencapaian-pencapaian UPP, ini merupakan sebuah prestasi tingkat Nasional dan tahun ini UPP mampu menjadi penyelenggara beasiswa SDMPKS, hanya 23 Perguruan Tinggi Se-Indonesia,” tambanya.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT menjelaskan, Mahasiswa baru yang menerima Beasiswa ini biaya kuliahnya sudah ditanggung oleh Ditjen perkebunan. Seperti biaya semester, tempat tinggal, uang makan, bahkan untuk magangnya nanti akan ditempatkan di perusahaan perkebunan yang direkomendasikan oleh Ditjen perkebunan.

“Kami berharap Mahasiswa yang menerima beasiswa SDMPKS ini dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan. Pergunakan kesempatan ini untuk belajar dan menimba ilmu. Sehingga nantinya setelah selesai pendidikan, ilmu yang dipelajari bisa diterapkan dilapangan,” harapnya.

“UPP berbahagia menerima keluarga baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan semoga tahun-tahun mendatang Program Studi lainnya di UPP bisa menjadi penyelenggara Beasiswa Sawit, Semoga seluruh mahasiswa memperoleh ilmu pengetahuan untuk sawit berkelanjutan dimasa depan, semoga lulus tepat waktu,” tutur hardianto.

Ditempat yang sama, Ka Prodi Agroteknologi UPP mewakili Dekan Pertanian, Al Muzafri SP MSi menambahkan, sebanyak 30 mahasiswa baru selaku penerima beasiswa SDMPKS ini akan melakukan perkuliahannya di Prodi Agroteknologi UPP yang dimulai pada bulan ini.

“Mahasiswa beasiswa sawit ini akan melaksanakan kuliah di Program Studi Agroteknologi Universitas Pasir Pengaraian yang berjumlah 29 mahasiswa, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dari sumatera sampai Papua,” paparnya.

Dijelaskannya, sebanyak 29 mahasiswa yang menerima beasiswa SDMPKS tersebut, 4 orang diantaranya berasal dari Kabupaten Rokan Hulu. 29 mahasiswa tersebut akan mendapatkan gratis kuliah hingga wisuda, uang transport, uang buku, gratis asrama atau rumah kost, dan uang saku setiap bulannya serta gratis biaya wisuda.