Seminar dan Talk Shaw Ilmiah, Rocky Gerung : Pentingnya Mengaktifkan Akal Sehat.

PASIRPENGARAIAN – Pentingnya mengaktifkan akal sehat dengan tuntutan metodologi sehingga menghasilkan argumentasi yang bermutu. Akal pikiran hanya bisa beredar jika ia ditutun dengan metedologi. Pikiran metodologi pasti bersifat argumentasi, bukan sentimen.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Akal Sehat, Rocky Gerung ketika mengisi Seminar dan Talk Shaw Ilmiah yang ditaja Universitas Pasirpengaraian (UPP), Kamis (30/1/2019) pagi di Sapadia Rohul Hotel.

Menurut Rocky Gerung, universitas seharusnya menjadi salah satu tempat menguji argumentasi. Sementara, sebuah argumentasi baru bisa dikatakan argumentasi setelah diuji. “Jika argumentasi itu tidak diuji maka itu hanya akan menghasilkan sebuah sentiment,” tuturnya.

Ketika mengisi seminar itu, Presiden Akal Sehat itu mencontohkan salah satu argumentasinya terkait Presiden yang dinilainya tak paham Pancasila. Menurutnya, hal itu ia ucapkan sebagai sebuah pendapat yang bisa ia buktikan dengan argumentasinya.

“Pikiran hanya disebut pikiran kalau ada perbedaan pikiran. Namun itukan argumentasi, itu tidak ada yang mau mengujinya sehingga jadilah sentimen, dengan mencari-cari delik,” papar Rocky Gerung.

Rocky Gerung menyebutkan, politik adalah cara mendistribusikan keadilan. Itu inti dari politik. politik hanya disebut politik kalau diupayakan untuk menistribusikan keadilan.

Pada seminar tersebut, Rocky Gerung berharap UPP dapat menjadi salah satu instrument dalam menularkan akal sehat di Rokan Hulu, sehingga daerah ini dapat menciptakan generasi yang kaya akan argumentasi bukan sentimen.

Sementara itu, Wakil Rektor II UPP, Khairul Fahmi MT mengharapkan, kehadiran Rocky Gerung dapat menularkan akal sehat kepada masyarakat Rohul, khususnya kepada mahasiswa sehingga dapat lebih kritis dalam mengawal arah kebijakan pemerintah.

Seminar dan Talk Shaw Ilmiah yang di taja UPP, disambut antusias ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar hingga masyarakat umum.