Resmi, Universitas Pasir Pengaraian Pecahkan Rekor MURI

PASIRPENGARAIAN – Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai institusi perguruan tinggi yang menyelenggarakan makan kue malako kuah sebanyak 4.000 cup.

Kegiatan makan kue malako kuah khas Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang ditaja Universitas Pasir Pengaraian tersebut berlangsung di Halaman kampus UPP pada Selasa (03/08/2024) pagi.

Penyerahan rekor MURI tersebut langsung diserahkan oleh Lutvi Syah Pradana yang didampingi Akmy Birama Jufaransyah kepada Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT didampingi Wakil Rektor I UPP, Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Zulkifli SH MH CLA.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT mengatakan, sajian kue malako kuah ini disajikan merupakan salah satu bentuk dan memperkenalkan makanan khas Melayu daerah Kabupaten Rokan Hulu yang harus dilestarikan skala nasional. Sejauh ini di seluruh Indonesia belum pernah dilakukan kegiatan penyajian kue malako kuah ini masuk rekor MURI.

“Kita tahu bahwasanya kita memiliki kebudayaan dibidang makanan, salah satunya kue malako kuah. Oleh karena itu, kita terpanggil untuk menyampaikan kepada dunia dan kepada masyarakat yang lebih luas bahwasanya kita memiliki makanan khas daerah kita yaitu kue malako kuah, dengan jumlah tersebut kita berhasil memecahkan rekor MURI dalam penyajian,” terang Hardianto.

Rektor UPP menambahkan, kue malako kuah ini sudah termasuk dalam rekor MURI tentunya masyarakat Rokan Hulu harus lebih mencintai kebudayaan dan masakan serta makanan khas daerah kita. Sehingga makanan daerah Rokan Hulu ini tidak hilang dan selalu dijaga kelestariannya.

“Tentunya kita harus mencintai kebudayaan kita, dengan cara mencintai makanan khas daerah kita. Kemudian kita lihatkan kebudayaan kita itu yang kaya dengan keberagaman makanannya sehingga dengan kebudayaan yang kaya itu Kabupaten Rokan Hulu akan semakin terkenal, Rokan Hulu akan semakin hebat, dan Rokan Hulu akan semakin jaya nantinya,” ujar Rektor UPP.

Sementara itu Lutvi Syah Pradana mengatakan, pihaknya telah memverifikasi dan mencatat suatu apresiasi dari suatu acara dengan kriteria MURI sebagai yang paling.

“Dalam hal ini dalam penyelenggaraan penyajian kue malako kuah sebagai Job Fair yang terbanyak di Indonesia, memang ini baru pertama kalinya yang diselenggarakan oleh institusi Perguruan Tinggi (UPP) dan pada hari ini mencatat rekor sebagai kampus yang terbanyak dalam penyajian kue malako kuah secara nasional,” tuturnya.

Capaian ini merupakan rekor pertama kalinya yang diterima oleh Universitas Pasir Pengaraian. Semoga UPP kedepannya semakin maju dan berkembang serta menjadi kampus terbaik di Provinsi Riau.