Menuju S3, Dua Dosen Pendidikan Matematika UPP lolos Talent Scouting Tingkat Nasional

ROKANHULU – Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali menoreh prestasi. Dimana kali ini prestasi yang ditoreh kampus kebanggaan masyarakat Rohul yaitu dimana dua dosennya berhasil lolos mengikuti Program Talent Scouting.

Dua dosen muda program studi Pendidikan Matematika UPP berhasil meraih kesempatan mengikuti Program Talent Scouting. Program ini merupakan pelatihan pra-doktoral berupa workshop penyusunan proposal riset untuk studi program doktoral luar negeri bagi dosen tetap di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021 (Kemendikbudristek).

Ini merupakan Program yang sangat dinanti. Terbukti tingginya minat pendaftar yang mencapai  ribuan dari seluruh Indonesia. Secara keseluruhan hanya 308 dosen yang memenuhi persyaratan lulus mengikuti pelatihan ini di seluruh Indonesia.

Pada wilayah LLDIKTI wilayah X sebanyak 18 orang dan 4 orang diantaranya dari Riau. Untuk Riau sendiri 2 diantaranya adalah dosen program studi pendidikan Matematika UPP yaitu Marfi Ario MPd dan Ratri Isharyadi MPd. Dimana kegiatan ini akan berlangsung dari 17 Juni hingga 21 Juli 2021 secara daring.

Marfi Ario MPd selaku Dosen UPP yang lolos dalam program tersebut, Jumat (11/6/2021) kepada Celotehlah.com mengatakan, bahwa keinginan dirinya untuk melanjutkan kuliah S3 luar negeri semakin kuat setelah berhasil lolos mengikuti program ini dan dia berharap keberhasilannya kali ini selain membanggakan Universitas Pasir Pengaraian sekaligus bisa mengantarkan dirinya untuk melanjutkan program doktoral keluar Negeri.

“Alhamdulillah, dengan kelulusan ini tentunya semakin yakin dan kuat untuk melanjutkan program doktoral keluar Negeri ini,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ratri Isharyadi MPd menjelaskan, Talent Scouting merupakan langkah awal untuk persiapan studi ke luar negeri, “saya yakin banyak ilmu yang bisa diperoleh dari kegiatan ini,” jelasnya.

Tentunya program ini menambah barisan panjang prestasi yang dicetak oleh civitas akademika UPP.

Sementara itu, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Keberhasilan dua dosen pendidikan matematika ini menjadi motivasi bagi dosen yang lain.

“Kami mengucapkan selamat kepada Pak Marfi dan Ratri atas prestasi yang telah dicapai. Semoga ini menjadi kekuatan untuk mencapai program doktoral keluar Negeri nantinya,” ucap Hardianto.

Hardianto menambahkan, bahwa yang lulus mengikuti Program Talent Scouting di tingkat LLDikti Wilayah X yang meliputi Riau, Jambi, Sumbar dan Kepri itu berjumlah 18 orang, dan untuk khusus Riau berjumlah 4 orang.

“Dari 4 orang tersebut dua diantaranya Dosen Pendidikan Matematika UPP yang berhasil lolos dalam program tersebut. Semoga ini menjadi motivasi bagi dosen yang lain,” paparnya.

Lanjutnya, selain dua UPP Dosen yang lolos program Talent Scouting ini, dimana sebelumnya UPP memenangkan dua skema hibah kompetisi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud ristek 2021.

“Yaitu program kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KSKI-MBKM) dan program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM),” jelasnya.