Melalui RhO II Tahun 2020, Prodi Fisika UPP Wujudkan Generasi Fisikawan Muda.

PASIRPENGARAIAN – Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Pasirpengaraian (UPP) terus berkontribusi dalam mengembangkan potensi dalam mengukir prestasi di era milenial.

Hal tersebut terbukti bahwa Himpunan Mahasiswa Fisika FKIP UPP sukses menggelar kegiatan Rokan Hulu Physics Olympiad (RhO) II 2020 pada 11-13 Februari 2020 dengan mengusung tema “Kembangkan Potensi Melalui Kompetisi dan Ukir Prestasi bersama Fisika di Era Milenial 4.0”.

Rho ke II tahun 2020 itu, diikuti 300 peserta yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar (SD) Sederajat, SMP Sederajat dan SMA Sederajat se-Rokan Hulu.

Bupati Himpunan Mahasiswa Fisika, Imelda Riani, Sabtu (15/2/2020) kepada Riausmart.com menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Fisika UPP itu, sejak tahun 2013 dengan nama Olimpiade fisika dan berubah menjadi Rho ditahun 2019.

“kegiatan RhO ke II ini terdiri dari cabang lomba tingkat SD Sederajat yang merupakan kategori Tes Tertulis, Ilmuwan Berpuisi dan Ilmuwan Melukis. Sedangkan tingkat SMP Sederajat yaitu, Tes Tertulis, Lomba Cerdas Cermat, Ilmuwan Berpuisi dan GamePhysics. Untuk tingkat SMA Sederajat merupakan Tes Tertulis, Lomba Cerdas Cermat, Ilmuwan Berpuisi (Implus) dan GamePhysics,” tutur Imelda.

Sementara itu, Ketua Prodi Fisika, Dr Dedi Mardiansyah MSi mengatakan, dengan adanya kegiatan RhO ke II tahun 2020 ini, diharapkan mampu menciptakan ilmuan fisika muda dalam bentuk memajukan generasi demi mewujudkan Rohul lebih baik kedepannya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, mampu mencipta fisikawan muda yang berprestasi serta mampu memajukan Kabupaten Rokan Hulu kedepan,” paparnya.

Ditempat terpisah, Rektor UPP, DR Adolf Bastian MPd melalui Wakil Rektor I, Rivi Antoni MPd menuturkan, dengan adanya RHO ini diharapkan menumbuhkembangkan kecintaan terhadap fisika di sekolah-sekolah dan menghilangkan bahwa fisika hanya rumus-rumus saja.

“Rokan Hulu Physics Olympiade mendapat apresiasi dari berbagai pihak terkait. Fisika masih menjadi penyelenggara terbaik kegiatan olimpiade,” jelasnya.

Pelaksanaan RhO ke II tahun 2020 itu memperebutkan Tropy juara umum bergilir yang tahun ini oleh SD Muhammadiyah Rambah, sedangkan tingkat SMP diraih oleh SMP N 1 Rambah, dan tingkat SMA diraih oleh SMA N Ujungbatu.