25 Mahasiswa Sistem Informasi UPP Ikuti Pertukaran Mahasiswa dan Praktik Kerja

ROKANHULU – Sebanyak 25 mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, mengikuti Pertukaran Mahasiswa dan Praktik Kerja/Magang.

Keberangkatan puluhan mahasiswa tersebut berdasarkan surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 612/E3/DT.03.08/2024 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Kedua 2024, Prodi Sistem Informasi UPP melalui Implementasi PKKM.

Ka. Prodi Sistem Informasi UPP, Dona, S.Kom, M.Kom, Jumat (11/10/2024) menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan akademik di luar kampus.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa guna meningkatkan kemampuan akademik, sehingga dapat memiliki pengetahuan, keterampilan berpikir, manajemen, serta komunikasi yang baik,” paparnya.

Dia menambahkan, Pelaksanaan kegiatan program MBKM adalah program bantuan pendanaan program kompetisi kampus merdeka tahun 2024, sebanyak 10 mahasiswa Prodi Sistem Informasi UPP mengikuti pertukaran mahasiswa dibagi beberapa Perguruan Tinggi yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

“Sebanyak 10 mahasiswa kita yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa itu ada di universitas Lancang Kuning Pekanbaru, dan di Universitas Gunadarma Jakarta,” jelasnya.

Selanjutnya, 15 mahasiswa Sistem Informasi UPP yang lainnya mengikuti Praktek Kerja/Magang di berbagai instansi diantaranya, ada di PT. Menara Indonesia Jakarta, Assist.id Bandung, Garuda Cyber Security Pekanbaru, dan di PT. Semen padang.

“Penetapan peserta implementasi MBKM Program Studi Sistem Informasi Universitas Pasir Pengaraian tahun 2024 ini berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPP dengan nomor : 093/SK/FILKOM-UPP/IX/2024,” terang Dona.

Ka Prodi Sistem Informasi UPP menghimbau kepada 25 mahasiswanya yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa dan Praktik Kerja/Magang dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dan ambillah ilmu sebanyak-banyaknya melalui program tersebut.

“Kepada mahasiswa kami yang mengikuti kedua Program itu, ikuti kegiatan tersebut dengan serius, serta timba ilmu sebanyak-banyaknya agar ilmu tersebut dapat diimplementasikan dikemudian hari,” harap Dona.