Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju, UPP Lakukan MoU Bersama Perpusnas RI

PEKANBARU – Untuk melakukan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Dalam Mendukung Terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perpustakaan Pusat Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd dengan Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando pada Selasa (26/1/2021) di Aula Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Penandatanganan MoU yang dilakukan UPP dengan Perpusnas RI itu bersempena dengan agenda Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Dalam Mendukung Terwujudnya SDM Unggul Indonesia Maju yang dibuka langsung oleh Plh Sekda Provinsi Riau, Drs H Masrul Kasmy dan diikuti oleh seluruh Kadis Dipersip se Riau, Rektor Universitas se Riau dan undangan lainnya.

Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, penandatanganan MoU tersebut dilakukan dalam upaya mendukung Visi Presiden RI tahun 2020-2024 mewujudkan SDM unggul indonesia Maju. Perpusnas RI telah merumuskan sasaran strategis untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat sebagai bagian terpenting dalam penguatan budaya literasi, inovasi dan kretifitas dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

“Perpusnas RI terus berupaya meningkatkan pemberdayaan perpustakaan untuk menjadi sumber informasi dan pengetahuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah seluruh Indonesia,” papar Hardianto.

Dia menambahkan, bahwa perpustakaan sangat berperan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing di era global yakni dengan membangun eko sistem mahasiswa berpengetahuan khususnya di UPP.

Menurutnya, bangsa yang maju tidak hanya dibangun dengan mengandalkan SDM yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Tetapi bangsa yang maju sangat ditandai dengan memiliki peradaban yang tinggi, masyarakat yang aktif berperan dalam memajukan masyarakat dunia.

“Untuk mewujudkan literasi ini tentunya kita sebagai pihak di perguruan tinggi harus selalu aktif untuk menciptakan SDM di UPP ini mampu berperan aktif dalam memajukan Indonesia Maju dan unggul,” jelasnya.

Dengan telah dilakukan MoU ini, Plt Rektor UPP berharap perpustakaan di UPP mampu menciptakan SDM unggul yang mampu berdaya saing dan mandiri di era globalisasi ini.

“Kita berharap kedepannya mahasiswa UPP mempunyai peradaban yang tinggi, mahasiswa yang aktif berperan sehingga nantinya para mahasiswa memiliki daya saing setelah menamatkan studinya di UPP,” harap Hardianto.