Wujudkan Pembangunan Desa, Kebidanan UPP Beri Pelatihan Kepada Kader Posyandu Desa Talikumain

PASIRPENGARAIAN – Untuk mencapai tujuan pembangunan desa berkelanjutan Desa, Pemerintah Desa Talikumain telah melakukan langkah langkah pembangunan. Tidak hanya membangun infrastruktur, pemerintah desa juga mulai membangun sumber daya manusia (SDM) dengan membuat program Pelatihan-palatihan.

Untuk membangun bidang kesehatan Pemerintah Desa Talikumain mengadakan pelatihan Kader Posyandu, dalam hal ini Pemerintah desa melibatkan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melalui Program Studi Kebidanan UPP, OPD Kecamatan, UPTD  Puskesmas Tambusai, didukung dan difasilitasi sepenuhnya oleh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Tambusai PD dan PLD.

Andriana SST MKeb, Senin (21/12/2020) menyampaikan, bahwa Program Studi Kebidanan UPP menyambut baik kegiatan ini, sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Kebidanan UPP menjadikan kegiatan pelatihan kader posyandu di Desa Talikumain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketika ditanya lebih lanjut tentang program ini, Andriana SST MKeb selaku narasumber di kegiatan ini menjelaskan bahwa program ini sifatnya memberikan pelatihan dengan tema inovasi posyandu dan peningkatan keterampilan penyuluhan kader dengan metode Emo Demo.

Selain itu dilakukan pelatihan system informasi posyandu oleh bidan koordinator puskesmas Talikumain yaitu bidan Erpita SST.

“Pelatihan emo demo ini merupakan strategi dalam upaya pencegahan stunting dengan modul ASI saja cukup, jadwal pemberian makan anak, dan pencegahan anemia dengan mengkonsumsi ATIKA (Ati ayam, telur dan ikan),” tutur ketua prodi S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian ini.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kader posyandu Teratai Desa Talikumain dengan sangat antusias terbukti dengan seluruh kader bermain peran (roleplay) penyuluhan emo demo dan system lima meja posyandu. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dibantu juga enam mahasiswa prodi D3 diantaranya, Tiersha, Intan, Dini, Syifa, Nova dan Riska. Pelibatan mahasiswa ini juga sebagai pengalaman langsung praktek matakuliah komunikasi dalam kebidanan.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu kamis 17 Desember 2020 hingga Jum’at 18 Desember 2020 di aula Kantor Desa Talikumain. Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Desa Talikumain, Rahim SPd.

Kades Talikumain, Rahim SPd mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh kader sehingga menjadi posyandu percontohan di kecamatan Tambusai. Kegiatan ini di bantu oleh pendamping desa kecamatan Tambusai sebagai fasilitator, Tri Supratiningsih AMd Keb.

Lebih lanjut alumni D3 Kebidanan UPP mengatakan, Kegiatan pelatihan kader posyandu di desa Talikumain merupakan kegiatan pendampingan desa yang kedua setelah sebelumnya telah dilaksanakan di Sei Kumango dengan narasumber Andriana SST MKeb.

Ditempat terpisah, Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd sangat menyambut baik kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. “Kegiatan seperti ini sangat baik sebagai sumbangsih UPP kepada masyarakat khususnya sektor kesehatan,” pungkasnya.