Webinar Research Metopel, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP Undang Prof Muhammad Zaim

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkan kemampuan Research Methodology mahasiswa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu melaksanakan Webinar pada Kamis (17/12/2020) pagi.

Webinar yang digelar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP itu mengusung tema “Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk ilmu Pendidikan Bahasa Inggris di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0” yang di buka secara langsung Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd dan sebagai Keynote Speaker, Prof Muhammad Zaim MHum dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd pada ketika membuka webinar itu berharap, bahwa webinar ini dapat berjalan dengan lancar dan bagi mahasiswa UPP dapat lebih memahami dan dapat melaksanakan penelitian dengan baik.

“Melalui webinar ini kami berharap kepada para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga memahami dan dapat melaksanakan penelitian dengan baik,” tuturnya.

Hardianto mengatakan, webinar ini dilaksanakan bukan hanya kegiatan seremonial saja tetapi ini salah satu upaya untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP.

“Webinar ini dilaksanakan bukan hanya kegiatan seremonial saja tetapi ini salah satu upaya untuk memberikan pembekalan ilmu kepada mahasiswa khususnya mahasiswa semester 5 dan semester 7 dalam menulis proposal skripsinya,” papar Hardianto.

Sementara itu, Prof Muhammad Zaim MHum dari UNP sebagai Keynote Speaker dalam pembukaannya mengatakan, bahwa melalui webinar itu beliau merasa sudah berada dilingkungan UPP meski Kuliah Umum tersebut diadakan secara daring dan beliau berharap nanti bisa mengunjungi UPP secara langsung.

Prof Muhammad Zaim MHum dari UNP menambahkan, bahwa untuk memenuhi tuntutan Revolusi Industry 4.0, Mahasiswa Strata 1 harus mampu mengaplikasikan IPTEKS dalam kajian Penelitiannya.

“Pada zaman sekarang ini untuk memenuhi tuntutan Revolusi Industry 4.0, Mahasiswa Strata 1 harus mampu mengaplikasikan IPTEKS dalam kajian Penelitiannya,” ucapnya.

Lanjutnya, tujuan penelitian itu adalah menggambarkan kondisi yang ada, membuktikan atau menguji kebenaran teori yang sudah ada, mengembangkan pengetahuan yang sudah ada, menemukan pengetahuan atau teori yang baru, dan menciptakan pengetahuan yang baru.

Ditempat yang sama, Ka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP, Batdal Niati MPd mengatakan, bahwa Mahasiswa yang hadir tampak begitu antusias dengan webinar tersebut, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Dia menambahkam, bahwa kuliah umum tersebut diikuti oleh seluruh dosen Pendidikan Bahasa Inggris diantaranya, Pipit Rahayu MPd, Rivi Antoni MPd, Andri Donal MPd, Evi Kasyulita MPd dan Wirda Jannatul Jannah MPd.

Selain itu juga diikuti seluruh mahasiswa semester 5 dan semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Kuliah umum yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut dipandu oleh moderator, Eripuddin MPd.