Wagubri Buka PKKMB UPP, Bela Negara Merupakan Hak dan Kewajiban Setiap Warga

PASIRPENGARAIAN – Wakil Gubernur Riau Brigjen (Purn) H Edi Afrizal Natar Nasution SIP membuka secara resmi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) tahun ajaran 2020 secara streaming, Selasa (18/08/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan PKKMB ini, Universitas Pasir Pengaraian mengangkat tema “pentingnya Belajar Sepanjang Hayat (Long Life Learning).

Kegiatan PKKMB UPP diikuti Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Dr Adolf Bastian M.Pd, Wakil Rektor I, Rivi Antoni S.Pd, M.Pd, Khairul Fahmi, M.T, Dekan, Ka.prodi dan mahasiswa baru utusan dari masing-masing Fakultas.

Dalam penjelasan Rektor UPP, Dr Adolf Bastian mengatakan kegiatan PKKMB 2020, dilaksanakan dari 18 Agustus 2020 hingga 02 September 2020.

“Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan secara daring, sehingga mahasiswa baru kita dapat mengikuti PKKMB melalui aplikasi Zoom atau YouTube dari rumah masing-masing,” jelas Rektor.

Sedangkan, melalui Aplikasi Zoom, Wakil Gubernur Riau Brigjen H Edi Afrizal Natar Nasution SIP menyampaikan materi dengan tema “Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dalam Membangun Karakter Bangsa”.

Dalam penjelasannya, Wakil Gubernur Riau menjelaskan tentang pentingnya menimbulkan kesadaran dalam membela Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Karena seperti yang kita ketahui, bahwa Negara Republik Indonesia ini memiliki keanekaragaman suku, bahasa dan agama, sehingga, kita harus memiliki jiwa kesatuan dalam membela bangsa,” jelas Wakil Gubernur Riau tersebut.

Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara, imbuh beliau.

Beberapa manfaat bela negara seperti: membentuk perilaku jujur, disiplin, tegas, adil, tepat dan kepedulian terhadap sesama.

Pada kesempatan ini, Eddy Natar juga mengapresiasi perkembangan UPP dibawah kepemimpinan rektor Dr Adolf Bastian, M.Pd, saat ini UPP sudah diterima dengan baik ditengah masyarakat, terlihat jumlah mahasiswa baru yang meningkat walaupun dalam kondisi pandemi covid_19.