UPP Masuk Kategori Universitas Top 10 di Riau dan Top 1 di Luar Pekanbaru

ROKANHULU – Satu per satu Universitas Pasir Pangaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu terus menoreh pencapaian baru. Baik itu dibidang sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia.

Dimana kali ini Universitas kebanggaan masyarakat Kabupaten yang berjulukan Negeri Seribu Suluk kembali menoreh predikat Universitas Top nomor satu di luar Kota Pekanbaru.

Kenapa tidak, ada banyak perguruan tinggi di luar Kota Pekanbaru, baik itu berstatus negeri maupun swasta. Universitas Pasir Pengaraian merupakan universitas nomor satu di luar Kota Pekanbaru.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Celotehlah.com, Selasa (15/6/2021) mengatakan, bahwa dengan perkembangan dunia pendidikan ini, tentunya akan membuat calon mahasiswa mempunyai banyak pilihan. Dengan demikian UPP merupakan Universitas Top nomor satu di Luar Kota Pekanbaru.

“Alhamdulillah, kali ini UPP merupakan universitas top nomor satu diluar kota Pekanbaru. Ini tentunya suatu capaian yang sangat luar biasa yang toreh UPP atas kerjsama semua pihak yang ada di Civitas Akademika UPP,” tutur Hardianto.

Hardianto menambahkan, pencapaian yang diraih UPP itu berdasarkan data 4ICU UniRank (Websitenya www.4icu.org) yang merupakan lembaga pemeringkatan kampus dunia. Dimana melalui data tersebut terlihat UPP merupakan Universitas Top Tujuh di Provinsi Riau.

“Kalau kita melihat dari data tersebut, bearti kampus kita ini merupakan universitas top satu di luar kota Pekanbaru,” jelasnya.

Kemudian, Rektor UPP menjelaskan, ada tiga poin penting yang menjadi kriteria penilaiannya 4ICU UniRank, diantaranya yaitu; Pertama, universitasnya harus terakreditasi oleh badan pendidikan nasional, seperti Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT), dan sejenisnya (Indonesia).

Kedua, universitas yang ada setidaknya harus mempunyai program sarjana empat tahun atau S1, pasca sarjana baik untuk tingkat magister S2 dan tingkat doktoral S3. Dan Ketiga, universitas dinilai dari sistem pendidikan, seperti format pendidikan tatap muka antar dosen dan mahasiswanya.

“Dengan peringkat yang diraih oleh UPP ini, tentunya tidak ada keraguan keraguan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Pasir Pengaraian ini,” jelasnya.

Orang nomor satu di UPP itu mengajak seluruh masyarakat, ayo lanjutkan pendidikannya di Universitas Pasir Pengaraian. Dimana, UPP banyak memiliki berbagai Program Studi yang bisa dimulai dari Prodi Pendidikan dan bahkan ada Prodi Non Pendidikan.