UPP BERGELIMANG BEASISWA, Adolf : Pilih dan Raih !.

PASIRPENGARAIAN – Banyak dikalangan masyarakat sedang pusing memikirkan pembiayaan kuliah putra dan putrinya, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Disaat masa wabah Virus Corona (Covid-19) menghadang,  mengakibatkan terperosoknya perekonomian masyarakat. Namun apapun permasalahan tentu harus dihadapi dan mencari alternatif jalan keluar. Nyatanya, kuliah di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) dapat menjadi pilihan karena tersedia kesempatan untuk meraih belasan beasiswa yang ditawarkan.

Informasi terkini yang disampaikan Rektor UPP, Dr. Adolf Bastian, M.Pd, memberikan kabar gembira kepada tamatan SMA/SMA/MA sederajat tahun 2020 atau tahun sebelumnya, yang ingin tetap mengembangkan potensi diri meraih sarjana, UPP menyediakan 12 jenis peluang beasiswa yang ditawarkan baik kepada calon mahasiswa, maupun mahasiswa aktif UPP.

” Terdapat 12  beasiswa yang UPP tawarkan, yakni:

1. Beasiswa Hafiz Alquran,

2. Kartu Indonesia Pinta Kuliah,

3. KIP jalur aspirasi anggota DPRD Pusat

4. Beasiswa Pertamina

5. Beasiswa Pemerintah Provinsi Riau

6. Beasiswa Peningkatan prestasi akademik

7. Beasiswa kerjasama PGRI Provinsi Riau

8. Beasiswa rekomendasi Desa

9. Beasiswa Edu-Grant (Khusus calon guru)

10. Beasiswa Bank

11. Beasiswa Yayasan pembangunan Rokan Hulu.

12. Beasiswa Satu Keluarga satu Sarjana” jelas Adolf panjang lebar.

Dalam pengakuan rektor, banyaknya jenis beasiswa yang ditawarkan, merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan dari banyak pihak terhadap keberadaan  Universitas terbesar di Kabupaten Rokan Hulu dan satu-satu universitas di wilayah L2DIKTI,    meliputi Riau, Padang,  Jambi dan Kepri yang telah menerapkan 15 SKS matakuliah Kewirausahaan/Teknopreneur yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Kedepan alumni UPP akan mampu menciptakan lapangan kerja minimal untuk dirinya sendiri.

Hasilnya, tidak sedikit calon mahasiswa  berlomba-lomba untuk kuliah di Universitas Pasir Pengaraian. Disaat ancaman pandemi COVID 19, tentu faktor kesehatan dan keamanan kuliah menjadi hal yg perlu dijaga. Kuliah di UPP tetap bisa _stay di_ rumah bersama orang tua.

Contohnya Aldo Kurniawansyah, siswa SMAN 1 Tambusai yang baru saja menamatkan pendidikannya di SMA, tertarik dan mendaftar kuliah di UPP.

” Alhamdulillah hari ini saya sudah daftar ulang, tinggal menunggu jadwal perkuliahan,” jelas Aldo

Pria yang mengambil prodi Teknik Sipil, mengaku mendapat arahan  dan sokongan dari kedua orang tuanya untuk kuliah di UPP saja.

” Selain lokasinya yang dekat, mutu yang tak kalah dari kampus lain, juga sambil kuliah dapat membantu orang tua, serta tanpa perlu memikirkan tempat kos, sehingga bisa pulang balik ke rumah,” tambah Aldo.

Selanjutnya Aldo saat ini tengah mengurus beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Muda2han saya bisa jebol kuliah  gratis dengan beasiswa di UPP.