Tingkatkan Nilai IPK Dengan Cara Simpel.

Setiap semester, mahasiswa menerima transkrip nilai dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) sementara. Meraih IPK baik, minimal sesuai standar, tentu menyenangkan. Namun bagaimana jika nilai IPK kita di bawah acuan minimal?

Banyak kok, cara simpel yang bisa dilakukan untuk menaikkan nilai IPK. Kuncinya, konsisten memperbaiki diri. Jika sudah begitu, IPK tinggi bukan lagi impian.

Disiplin

Rendahnya nilai IPK bisa jadi bukan karena mahasiswa tidak pintar. Ketidakdisiplinan dalam belajar dan menempuh studi turut memengaruhi performa akademis seseorang. Mulai sekarang, tingkatkan disiplin karena sikap ini membuatmu bisa mengatur waktu belajar dan segala aktivitas lainnya. Dengan disiplin, nilai IPK bagus pun akan selangkah lagi diraih.

Kerjakan tugas dengan baik

 

Nilai IPK juga dipengaruhi oleh hasil tugas yang kamu kerjakan selama ini. Bisa jadi, kamu masih malas mengerjakan tugas-tugas kuliah, sehingga nilaimu kurang. Mulailah lebih rajin dan serius dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang menjadi tanggungjawabmu. Jika nilai tugasmu bagus, IPK yang baik pun bisa kamu dapatkan.

 

Ulang materi perkuliahan

Percuma kuliah bila di rumah kamu tidak mengulang kembali materi perkuliahan yang sudah dibahas di kampus. Walau tidak selalu, setidaknya kamu harus terus memperbaruhi pemahamanmu mengenai materi perkuliahan. Langkah ini memudahkanmu saat harus menghadapi ujian, atau bahkan kuis mendadak. Pemahaman tentang materi kuliah yang baik tentu membuat nilai-nilaimu juga akan baik.

Rajin masuk kuliah

 

Kehadiran di kelas kerap menjadi salah satu komponen penilaian dalam perkuliahan. Jadi, jangan anggap enteng hal terseut. Bila absenmu begitu banyak sepanjang semester ini, hal itu bisa memengaruhi nilai yang akan diberikan dosen dan turut menentukan IPK di akhir semester. Nah, rajin dan serius mengikuti perkuliahan, ya! Jangan sampai rasa malas menguasaimu.

(rfa)

sumber: http://news.okezone.com/read/2015/12/10/65/1264399/tingkatkan-nilai-ipk-dengan-cara-simpel