Tingkatkan Literasi dan Pengetahuan, UPP Berkolaborasi dengan UIR lakukan Pengabdian Masyarakat

 Untuk mewujudkan Tri dharma perguruan tinggi tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Riau berkolaborasi melakukan pengabdian masyarakat.


Kolaborasi antara FE UPP dengan FEB UIR dalam pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (02/09/2022) pagi, yang dibuka secara resmi Camat Rokan IV Koto, dihadiri perangkat Desa, BUMDes serta masyarakat Rokan IV Koto.


Rektor UPP, Dr Hardianto MPd melalui Dekan FE UPP, Arrafiqur Rahman SE MM kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa FE UPP mengucapkan terima kasih kepada FEB UIR serta unsur-unsur kecamatan di Rokan IV Koto yang telah antusias dan sangat mendukung kegiatan ini.


“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan gagasan serta memberikan wawasan kepada pihak desa dan juga para pengelola bumdes di Kecamatan Rokan IV Koto, dan semoga semakin maju dalam tata kelola bumdesnya serta dapat membina kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif di masyarakat yang memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah,” tuturnya.


Rafiq lebih lanjut menjelaskan, tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat sebagai bentuk bagian dari tindak lanjut MoU antara UPP dan UIR beberapa bulan yang lalu. Dalam rangka komitmen bersama untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat di provinsi Riau.


“Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen UPP dan UIR dalam upaya meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat di provinsi Riau, terkhususnya di kabupaten Rokan Hulu sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah,” tambahnya.


Selain itu, jelas Rafiq, Pengabdian Masyarakat ini juga diisi oleh para dosen dari Universitas Islam Riau dan juga Universitas Pasir Pengaraian meliputi topik-topik yang membicarakan tentang tata kelola bumdes yang baik.


“Tidak hanya itu saja, kita juga mengajak mereka untuk penerapan dengan sistem akuntansi bumdes yang baik, membicarakan topik seputar pengembangan pariwisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat serta pengembangan usaha-usaha kreatif di Rokan IV koto,” papar Dekan FE UPP.