Seorang Dosen UPP Lolos Seleksi Program Tahap II Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Dari Kemdikbud

PASIRPENGARAIAN  Seorang dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah lolos dalam seleksi program tahap II sebagai pelatih ahli sekolah penggerak yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud) RI.

Rektor UPP, Dr Hardianto Mpd, Selasa (03/08/2021) kepada Celotehlah.com menjelaskan, bahwa salah satu upaya pengembangan SDM di Universitas Pasir Pengaraian (UPP) adalah mendorong dosen-dosennya untuk berkiprah dalam berbagai program kementerian, baik dari segi penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun pengembangan diri.

“Sekolah Penggerak adalah katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yaitu, Sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dan Diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru),” tutur Hardianto.

Dalam hal mewujudkan pelaksanaan sekolah penggerak, maka kemdikbud merekrut pelatih ahli sekolah penggerak yang teridiri dari kepala sekolah, pengawas, akademisi dan praktisi pendidikan.

“Pelatih Ahli Sekolah Penggerak adalah pendamping Kepala Sekolah, Guru/Pendidik, dan Pengawas Sekolah/ Penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Pelatih Ahli mendampingi 3 (tiga) sampai 5 (lima) sekolah dalam 1 (satu) kabupaten, selama minimal 1 (satu) tahun,” uajrnya.

Dia menambahkan, peran pelatih ahli adalah Mendorong Kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten, Mengembangkan Komunitas Praktisi Kepala Sekolah, Guru / Pendidik PAUD dan Pengawas Sekolah / Penilik PAUD, Mengembangkan kompetensi Kepala Sekolah, Guru / Pendidik PAUD dan Kepala Sekolah / Penilik PAUD, Melakukan monitoring kemajuan pembelajaran Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah/ Penilik, dan Guru/ Pendidik PAUD.

Lanjut Hardianto, Perekrutan pelatih ahli sekolah penggerak dimulai dengan seleksi tahap satu photofolio dengan peserta lebih dari 7000 peserta dan meluluskan 1571 peserta, setelah lulus tahap pertama dilanjutkan seleksi tahap dua yaitu simulasi melatih dan wawancara dengan meluluskan 673 peserta.

“Kita patut berbangga, dosen kita Pak Sohibun MPd lulus seleksi dan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan sekolah penggerak ini, memajukan kualitas pendidikan di indonesia, dilain sisi UPP mampu bersaing secara nasional,” papar Dr Hardianto MPd selaku Rektor UPP.

Hardianto mengucapkan selamat dan sukses kepada Sohibun MPd yang lolos seleksi dan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan sekolah penggerak. Dimana Sohibun tersebut merupakan Dosen Pendidikan Fisika di UPP.