Ribuan Mahasiswa Baru UPP Mulai Jalani Pengenalan Kehidupan Kampus

PASIRPENGARAIAN – Melalui Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024-2025, ribuan mahasiswa baru Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, mengikuti seluruh rangkaian PKKMB.

PKKMB tersebut di pusatkan di Halaman Kampus Universitas Pasir Pengaraian, dimulai sejak Selasa 03 September 2024 hingga 06 September 2024. PKKMB tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UPP, Dr Hardianto MPd.

Hadir juga Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Zulkifli SH MH CLA, Wakil Rektor II Bidang Kepegawaian, Keuangan, dan Bisnis, H Hidayat SE MM CPHCM, Direktur Kemahasiswaan UPP, Dani Kurniawan SH MKn, Presiden Mahasiswa UPP, Fauzan, Dekan Fakultas selingkungan UPP, Ka Prodi, Karyawan dan Staf selingkungan UPP.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd CPCT menjelaskan, PKKMB ini bertujuan agar mahasiswa baru bisa menyatu mengikuti aturan-aturan yang ada serta mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan antar sesama supaya mahasiswa baru tidak merasa canggung ketika berada di kampus.

“PKKMB ini persis seperti kita pergi ke suatu tempat atau ke rumah orang, tentu kita harus tahu dulu bagaimana aturan-aturan itu, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan aturan-aturan yang ada sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan kita untuk menyelesaikan pendidikan bagi mahasiswa-mahasiswa baru itu sendiri,” tuturnya.

Rektor UPP berharap, mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan PKKMB harus perasaan yang senang, pikirannya positif agar pelaksanaan kegiatan menjadi lebih bermakna. Kemudian mahasiswa baru mampu mengikuti dengan sebaik-baiknya kegiatan ini, agar mereka bisa memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pendidikan di UPP.

“Mahasiswa baru merupakan agent of change, nantinya mereka merupakan pengganti dari pada tokoh-tokoh hari ini atau pemimpin-pemimpin hari ini untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu, mahasiswa baru harus memiliki bekal yang cukup kuat, melalui PKKMB inilah salah satu cara kita membekali mahasiswa baru untuk masa depannya,” ungkap Hardianto.

Pada hari pertama dalam pelaksanaan PKKMB tahun 2024 ini, mahasiswa baru juga dikenali dengan Dekan dan Ka Prodi yang ada dilingkungan UPP. Selain itu, mahasiswa baru juga dibekali ilmu tentang kabangsaan yang di sampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan, Dr H Achmad MSi.

Tidak hanya itu saja, ribuan mahasiswa baru juga dibekali ilmu tentang bahayanya Narkoba yang dipaparkan oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiono. Pada kesempatan itu juga, Kapolres Rohul juga memaparkan tentang Pilkada damai.