Ratusan Guru PAUD Se Rohul Ikuti Pelatihan Dari Disdikpora

PASIRPENGARAIAN – Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul gelar pelatihan bagi Guru PAUD se Kabupaten Negeri Seribu Suluk di Hotel Gelora Bakti, Pasir Pengaraian.

Pelatihan diikuti oleh ratusan pendidik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se Kabupaten Rokan Hulu.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rohul, Margono, S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Komar Zaman S.Pd MMA, Kamis (24/11) mengatakan, adapun tujuan pelatihan yakni untuk meningkatkan kinerja Guru PAUD dalam melaksanakan tugas belajar mengajar.

“Pelatihan ini sangat diperlukan, mengingat pentingnya menambah pengetahuan bagi pendidik di Satuan PAUD dalam mendampingi peserta didik selama masa emasnya atau golden Age,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Komar ini mengakui, PAUD HI dibutuhkan bagi seluruh pendidik karena mitra yang terlibat dalam proses mendukung PAUD HI. Peran serta Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dalam mendampingi pendidik PAUD untuk mewujudkan generasi penerus bangsa.

Sementara itu, salah seorang Pemateri, Rahmi Fitria, M.Biomed yang juga merupakan Dosen Prodi D III Kebidanan UPP sekaligus Anggota Pokja PAUD Rokan Hulu menjelaskan bahwa berbagai masalah atau persoalan dapat terjadi apabila masa golden age terganggu atau kurang pemenuhan kebutuhan, salah satunya gangguan Kognitif, Stunting serta keterlambatan bicara maupun gangguan perilaku.

“Oleh karena itu, pada hari ini kita memberi pelatihan dengan materi ‘Cegah stunting dengan Gizi Seimbang’ bagi para pendidik ditingkat PAUD di Rokan Hulu ini,” ungkap Rahmi.

“Seluruh PAUD di Rokan Hulu sebagian besar sudah melaksanakan beberapa indikator PAUD HI, namun masih diperlukan pelaporan ke dalam data Dapodik,” jelas Rahmi yang juga merupakan wakil pengelola SPS Jannatul Makwa.