Ramadhan Sebentar Lagi, Pimpinan UPP Ajak Mahasiswa Siapkan Hati dan Perkuat Iman

PASIRPENGARAIAN – Tidak terasa bulan suci Ramadhan 1444 H sudah dekat. Tak disangka, bulan suci Ramadhan sudah tinggal hitung hari, seluruh umat muslim akan menjalankan kewajibannya yaitu berpuasa dibulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci, dimana setiap perbuatan baik kita selaku umat muslim akan mendapat pahala yang besar dan berlipat ganda. Tak hanya itu, pintu ampunan yang dibuka lebar membuat umat muslim semakin semangat dalam menyambut dan melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan.

Rektor UPP Dr Hardianto MPd didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Zulkifli SH MH CLA dan Wakil Rektor II Bidang Kepegawaian Keuangan dan Bisnis Hidayat SE MM CPHCM, Senin (20/03/2023) mengatakan, sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, agar semakin nyaman dalam menjalaninya.

“Nah, adapun sesuatu yang harus kita persiapkan menjelang bulan suci Ramadhan yaitu Siapkan Hati dan Perkuat Iman. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh umat muslim, karena setiap perbuatan baik akan mendapat pahala. Maka dari itu kita yang masih menjalankan aktivitas kuliah harus bisa memperkuat iman kita. Karena bisa jadi banyak godaan yang membuat puasa kita jadi batal,” tuturnya.

“Dan jangan lupa untuk tetap melaksanakan shalat lima waktu agar pahala yang kita dapat terus mengalir. Kesempatan ini jangan sampai kita lewatkan, karena di bulan ramadhan setiap pahala kita dilipat gandakan oleh Allah SWT,” tambah Hardianto.

Lanjutnya, Siapkan Fisik selama menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Pada saat berpuasa tentunya membutuhkan fisik dan juga stamina yang prima. Kita juga perlu menjaga kondisi tubuh agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar selama satu bulan penuh.

“Salah satunya dengan memulai istirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi, konsumsi suplemen vitamin, perbanyak minum air putih, dan rutin dengan olahraga yang ringan. Jika tubuh kita fit, maka kita akan nyaman menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Pimpinan UPP itu lebih lanjut menerangkan, Siapkan Kebutuhan dan Perlengkapan Selama Ramadhan. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, perlu memastikan ketersedian sembako di rumah apa lagi yang sedang kuliah dan tinggal di kost-kostan atau kontrakan, mahasiswa harus pastikan dengan benar ketersedian sembakonya.

“Belilah kebutuhan tersebut yang kira-kira cukup untuk kita gunakan selama satu bulan penuh. Karena bisa di perkirakan, harga sembako di bulan ramadhan akan naik, dan juga, jika stok bahan makanan pokok telah tersedia, maka kita tak akan kepikiran lagi dan kita dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman,” paparnya.

Kami segenap sivitas akademika Universitas Pasir Pengaraian (UPP) mengucapkan selamat menjalan ibadah puasa selama bulan suci ramadhan. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa.