Optimalkan Pengarsipan, Dosen UPP Beri Pelatihan Digitalisasi Arsip di SMP Negeri 3 Rambah Hilir

Dosen punya peran penting dalam mencerdaskan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tugas utama dosen yaitu melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam hal pengabdian kepada masyarakat, dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu berhasil memperoleh hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2022 melalui skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

Tim PKMS terdiri dari dua dosen Pendidikan Matematika dan satu dosen Sistem Informasi UPP yang juga dibantu dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Sistem Informasi. Dr Nurrahmawati MPd dan Lusi Eka Afri MSi dari Prodi Pendidikan matematika serta Urfi Utami MKom dari Prodi Sistem Informasi.

Bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Tim PKMS berupa pelatihan digitalisasi arsip. Pengabdian ini disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan. Hal ini sejalan pula dengan perkembangan teknologi saat ini, dimana kearsipan digital sangat dibutuhkan untuk lebih efisiennya tugas-tugas kearsipan.

Dr Nurrahmawati MPd selaku ketua Tim PKMS UPP, Jumat (12/08/2022) mengatakan, kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu mengusung tema Digitalisasi Arsip. Adapun peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari operator sekolah, tata usaha, dan majelis guru. Setelah mengikuti pelatihan ini, sekolah memiliki sistem digitalisasi arsip berbasis web, para guru dan tata usaha mempunyai kompetensi dalam mengelola arsip.

“Pengelolaan arsip secara digital di dunia pendidikan sangat dibutuhkan. Hal ini akan membantu sekali tenaga administratif di sekolah dalam melakukan pengarsipan dokumen-dokumen. Pekerjaan yang semula membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan tenaga yang ekstra akan lebih mudah dan efektif dengan adanya digitalisasi arsip,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Rambah Hilir, Drs Hatril Peto MM selaku mitra pengabdian, sangat menyambut dengan baik dan merasa senang dengan adanya kegiatan ini yang dilakukan oleh para dosen UPP.

“Saya selaku kepala sekolah sangat berterimakasih atas adanya kegiatan ini. Kami merasa sangat terbantu atas pelatihan ini. Tenaga administratif di sekolah kami bisa bekerja dengan efektif dan efisien dalam melakukan pengarsipan dokumen penting yang dibutuhkan sekolah. Begitu juga saya selaku kepala sekolah dan tenaga pendidik dapat menata arsip dengan baik,” paparnya.