Mewakili Riau, Satu Mahasiswa UPP Terpilih Ikuti Seleksi PPLM Kemenpora Sepakbola Wanita

PASIRPENGARAIAN – Dimasa era kebiasaan baru Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam hal ini deputi 3 pembudayaan olahraga tetap menjalankan program kerjanya yaitu membentuk tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa (PPLM) sepakbola wanita 2020.

Tim PPLM ini di bentuk dengan menyeleksi pemain sepakbola wanita dari seluruh Indonesia. Terdapat 49 calon pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi. Seleksi PPLM sepakbola wanita dilaksanakan beberapa tahap.

Pertama seleksi administrasi dan peserta mengirimkan video teknik dasar sepakbola yaitu passing, control, dribling zig zag, shooting dan ditambah jugling. Tahap kedua yaitu tes keterampilan dan tes fisik. Pelaksanaan seleksi tes keterampilan dan tes fisik dilaksanakan pada 15-18 Desember 2020 bertempat di Nirwana Park Sawangan, Depok. Tahap ketiga, tes psikologi dan tes kesehatan.

Salah satu atlet yang terpilih yaitu, Lasma Sari yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pasir Pengaraian (UPP). Lasma merupakan satu-satunya pemain yang terpilih mewakili Riau. Lasma merupakan pemain kelahiran Sungai Pinang Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Putri pasangan Alm Tantan dan Syamsinar lahir 4 September 2001.

Ridwan Sinurat MOr AIFO dosen pendamping Lasma, Kamis (17/12/2020) menyatakan, bahwa Lasma merupakan pemain sepakbola wanita yang sangat berbakat. Selain itu dia juga disiplin dan pekerja keras serta memiliki prestasi akademik yang bagus.

“Lasma merupakan anak yang pekerja keras dan memiliki prestasi di bidang akademik sehingga Lasma Sari terpilih mengikuti seleksi PPLM Kemenpora yaitu sepakbola wanita,” paparnya.

Ridwan Sinurat yang biasa disapa Coach Ridho juga menambahkan, bahwa Rokan Hulu pada dasarnya memiliki banyak bakat pesepakbola wanita, akan tetapi wadah pengembangannya belum optimal.

Sementara itu, Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, bahwa akan mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa UPP. Baik itu kegiatan di bidang akademik yang berada di kampus maupun di luar kampus.

“Mari kita doakan supaya Lasma mampu terpilih untuk menjadi atlet PPLM untuk selanjutnya mampu menjadi pesepakbola profesional,” ajak Hardianto.