Membanggakan, 5 Dosen dan 10 Mahasiswa UPP Lulus Program Kampus Mengajar 4

Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi.

Melalui program ini, mahasiswa bias membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas wawasan. Berbagai keuntungan bias didapatkan jika mahasiswa mengikuti Kampus Mengajar.

Mulai dari terlibat langsung dalam pelaksanaan pembelajaran literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi di jenjang SD dan SMP. Mengasah kepemimpinan, kreativitas, pemecahan masalah, dan inovasi langsung dari lapangan. Hingga mendapat bantuan biaya hidup dan uang SPP.

Sepuluh mahasiswa dan lima dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) lolos seleksi program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset danTeknologi (Kemendikbudristek) Angkatan 4 Tahun 2022.

Kesepuluh mahasiswa tersebut adalah Asri Alfiani dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, Rutmaida Tambuna Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Sony Syah Putra Prodi Agribisnis, Asriani Prodi Manajemen, Sylfani Putri Prodi Pendidikan Fisika, Berlian Prodi Pendidikan Fisika, ajeng Febiola Prodi Pendidikan Biologi, Napisah prodi Pendidikan Fisika, Rejeki Fransiscus Simbolon prodi Agroteknologi, dan Maulana Syam Amarullah Prodi Agroteknologi.

Adapun kelima Dosen tersebut diantaranya, Aluwis MPd dosen Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Sohibun MPd dosen prodi Pendidikan Fisika, Dr Ardo Yulpiko Putra dosen Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Riska Novia Sari MPd dosen Pendidikan Matematika, dan Purwantoro MSi dosen prodi Manajemen.

Ketua Sub-Pokja Kampus Mengajar Ditjen Dikti juga mengatakan, mahasiswa akan mendapatkon versi 20 SKS untuk memenuhi persyaratan kuliah dan diakomodasi di kampus untuk diakui dalam 1 semester. Mahasiswa juga akan dapat piagam penghargaan, uang saku, dan lain sebagainya.

Koordinator Perguruan Tinggi Kampus Mengajar angkatan 4 UPP, Nurhikmah Sasna Junaidi MPd, Sabtu (09/07/2022) menyampaikan, Tahniah kepada Dosen dan Mahasiswa yang lolos, dan penempatan kali ini ditempatkan sesuai dengan domisili dari mahasiswa yang mendaftar.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak/ibu dosen UPP dan Mahasiswa yang lulus pada program kali ini, semoga kita dapat memberikan kontribusi yang baik untuk kampus dalam program ini,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, bagi mahasiswa UPP sendiri, selain mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, program Kampus Mengajar juga memberikan keuntungan lain, yaitu semua kegiatannya dijamin oleh UPP dan Kemendikbudristek untuk mendapatkan pengakuan berupa konversi sebanyak 20 SKS yang akan dimasukkan kedalam matakuliah mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Juli hingga Desember 2022.

Sementara itu, Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Dr Hardianto MPd memberikan Apresiasi kepada dosen dan mahasiswa yang lulus, juga berharap para dosen dan mahasiswa yang lulus dalam program Kampus Mengajar dapat menjawab berbagai tantangan pendidikan dan permasalahan di satuan pendidikan yang membutuhkan solusi lugas.

“Tantangan lain adalah bagaimana kemampuan para dosen dan mahasiswa yang terlibat tetap berkaca dalam kearifan lokal meskipun sudah diterjang berbagai macam badai globalisme dan arus informasi yang mengalir sedemikian derasnya. Sehingga factor Keindonesiaan dan Kebhinekaan tetap menjadi salah satu benang merah yang harus dilakukan dalam proses interaksi belajar mengajar kepada para siswa di sekolah,” paparnya.