Kuliah di Filkom UPP, Banyak Prospek Karier Menjanjikan Bagi Lulusan Ilmu Komputer

Menyikapi perkembangan zaman sekarang ini telah berkembang pesat penuh dengan teknologi tentunya disitu pula banyak peluang karier menjanjikan bagi para lulusan ilmu komputer.


Dimana pada saat sekarang ini sudah banyak terbukti bahwa lulusan ilmu komputer punya peluang besar di era yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini untuk meniti karier diberbagai bidang.


“Salah satu prospek jenjang karier bagi lulusan ilmu komputer adalah Software Developer.

Lulusan ilmu komputer UPP bisa menjadi seorang software developer atau pengembang perangkat lunak. Pekerjaan ini berhubungan dengan membuat software seperti aplikasi berbasis komputer atau gadget lainnya,” tutur Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd melalui Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UPP, Hendri Maradona MKom kepada Riauposting.id, Jumat (19/08/2022) petang.


Selain itu, lanjut Maradona, lulusan ilmu komputer UPP juga bisa sebagai Konsultan IT. Lulusan ilmu komputer UPP dengan pengalaman mumpuni juga bisa menjadi seorang konsultan IT. Tugas pekerjaan ini adalah melakukan perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.


“Biasanya, perusahaan akan memanfaatkan jasa konsultan IT sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil langkah strategis dalam kaitannya terhadap pengembangan sistem IT,” paparnya.


Dekan Filkom UPP itu menambahkan, bahwa lulusan ilmu komputer UPP juga bisa menjadi Programmer. Meski banyak orang menganggap programmer sama dengan software developer, namun keduanya adalah profesi berbeda. Jika software developer mengelola segala hal terkait proses pengembangan software, maka programmer bertugas membuat bahasa pemrograman (coding). Secara sederhana dapat dikatakan bahwa pekerjaan programmer termasuk dalam salah satu job desk seorang software developer.


“Kemudian juga bisa sebagai Digital Entrepreneur. Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan ilmu komputer UPP bisa menjadi seorang digital entrepreneur profesional. Tugasnya antara lain menganalisis data hingga strategi pemasaran dan menganalisis database bisnis yang dijalankan, guna mendapat suatu keputusan yang bisa dipakai dalam proses digital marketing,” jelasnya.


Selanjutnya, masih banyak ilmu lain yang didapat bagi lulusan Fakultas Ilmu Komputer UPP, diantaranya, ada Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika. Dia juga mengakui bahwa di Filkom tenaga pengajar atau dosennya juga sudah menguasai dibidang masing-masing.


“Di fakultas kita ini ada dua Program Studi (Prodi) diantaranya, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika. Dimana dosen kita sudah sangat menguasai di bidang atau prodinya masing-masing,” ungkapnya.


Hendri Maradona berharap serta mengajak kepada seluruh orangtua dan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu dan juga diluar kabupaten untuk melanjutkan pendidikan putra-putri terbaiknya di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian, karena masih ada waktu untuk melakukan pendaftaran hingga 31 Agustus 2022.


“Kami mengajak kepada orangtua dan masyarakat Rohul maupun diluar Rohul untuk melanjutkan pendidikan anaknya di perguruan tinggi, yaitu di Fakultas Ilmu Komputer UPP. Dimana kampus UPP merupakan salah satu kampus percontohan penerapan MBKM dari Kemendikbud,” ujarnya.