Hera Deswita Dosen UPP Lulus Beasiswa Pendidikan Program Doktor Dari Kemendikbud

PASIRPENGARAIAN – Seorang dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah lulus dan mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya program Doktor (S3).

Adapun dosen UPP yang lulus mendapatkan beasiswa tersebut yaitu, Hera Deswita MPd yang merupakan dosen FKIP dengan program studi Ilmu Matematika di Universitas Pasir Pengaraian.

Hera Deswita MPd, Senin (02/08/2021) kepada Celotehlah.com menjelaskan, bahwa tahun 2021 ini Kementerian Pendidikan dan kebudayaan meluncurkan beberapa beasiswa, salah satunya Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) bagi dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) Dalam dan Luar Negeri.

“Pengelola dana beasiwa ini adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Animo masyarakat akademisi sangat besar dalam mengikuti program BPI ini. Ada sebelas ribu lebih pendaftar yang yang menaruhkan nasib namun hanya 850 kuota yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa PTA dalam negeri. Salah satu penerima beasiswa ini adalah dosen Pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian, Hera Deswita MPd,” jelasnya.

Lanjutnya, ada beberapa persyaratan dalam program beasiswa ini diantaranya, Surat izin dari LLDikti wilayah X, Surat rekomendasi dari akademisi, proposal disertasi, Letter of Acceptance (LoA) dan lain sebagainya. Persyaratan ini dapat dilengkapi waluapun dalam konsidi pandemic dengan bantuan yang besar dari berbagai pihak.

“Kita sangat berterimakasih sekali kepada pihak kampus UPP yang telah memfasilitasi untuk melengkapi persyaratan pendaftaran. Banyak sekali kemudahan yang diberikan baik oleh Rektor, Wakil Rektor dan Dekan FKIP UPP. Selain itu teman-teman sejawat juga membantu dalam memberikan informasi dan strategi agar bisa lulus. Terimakasih banyak atas support dan doanya Bapak/Ibu dosen UPP,” ucap Hera.

Hera mengakui, motivasi terbesar yang mendorong semangat dan gigih dalam mengikuti program ini adalah semangat berkontribusi bagi dunia pendidikan. Ia tak ingin kuliah S3 nantinya tersendat di tengah jalan sehingga sangat membutuhkan biaya. Biaya perkuliahan merupakan faktor utama penunjang terlaksananya perkuliahan yang optimal dan maksimal. Dengan memperoleh program ini Hera bisa fokus mengikuti perkuliahan karena akan berstatus sebagai dosen tugas belajar. Artinya Hera bisa memaksimalkan waktu secara penuh dalam menggali dan mengembangkan diri mengenai teknologi Pendidikan.

“Setelah menyelesaikan studi doktoral nanti saya ingin memiliki bekal lebih banyak lagi untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualiatas Pendidikan di Rokan Hulu khususnya dan Indonesia,” ungkap Hera.

Sebelumnya, Hera memang giat dan aktif dalam melakukan pelatihan bagi guru-guru, baik SMP maupun SMA/SMK, baik secara offline maupun online, skala lokal maupun tingkat provinsi. Materi yang disajikan berkaitan mengenai aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran daring, media pembelajaran dan perangkat pembelajaran saintifik.

Sementara itu, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd ketika dijumpai Celotehlah.com memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Hera Deswita salah seorang Dosen Ilmu Matematika UPP yang telah lulus mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat Doktor (S3).

“Kami keluarga besar civitas akademika UPP mengucapkan selamat dan sukses kepada Buk Hera Deswita yang telah lulus meraih beasiswa pendidikan Indonesia dari Kemendikbud RI bagi dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) Dalam dan Luar Negeri untuk mengikuti program doktor (S3),” ucapnya.

Hardianto menambahkan, bahwa Hera Deswita MPd merupakan dosen Ilmu Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di UPP. Jika ini nanti menamatkan program doktornya, maka UPP telah memiliki belasan dosen yang menyandang gelar Doktor.

“Alhamdulillah, tentunya kami sangat bersyukur atas pencapaian dan kebrhasilan ini, semoga jika program doktor ini nantinya telah di raih oleh Buk Hera, maka dosen UPP yang menyandang gelar doktor semakin bertambah.

Hardianto berharap kepada dosen-dosen yang lain juga dapat melanjutkan studinya ke program doktoral. Karena ini sangat pengaruh terhadap akreditasi kampus dan juga kualitas ampus.

“Semakin banyak dosen yang menyandang gelar doktor, tentu kedepannya UPP terus melahirkan dosen-dosen yang menyandang gelar Doktor. Sehingga dengan demikian UPP semakin mantap dalam mendidik putra-putri bangsa sebagai generasi penerus kedepannya,” papar Hardianto.