Diskusi Publik, Membangun Rokan Hulu Melalui Perspektif Pendidikan, Politik dan Kebudayaan

ROKANHULU – Untuk mewujudkan kemajuan dalam membangun Rokan Hulu yang lebih maju melalui perspektif pendidikan harus diperhatikan dari semua jenjang dan jalurnya. Perlu pemerataan kualitas pendidikan disluruh kecamatan dan gerakan disiplin dalam dalam belajar.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd, Jumat (12/6/2021) petang pada acara Diskusi Publik yang di taja oleh Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hulu bersama dengan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Rokan Hulu, di Cowboy Cafe dengan mengusung tema “Rokan Hulu membangun Presfektif Pendidikan, Politik dan Kebudayaan”.

Hardianto menambahkan, bahwasanya pendidikan terlebih dalam masa pandemi ini kualitasnya menurun, jika dilihat dari seginya, karena banyak diantara pelajar ataupun pelajar yang pada saat belajar online tidak terfokus pada materi yang diajarkan.

“Jadi kalau kualitas pendidikan dimasa pandemi ini tentunya menurun, karena belajar secara online itu banyak pelajar yang tidak fokus pada materi yang diajarkan oleh tenaga pendidik,” tuturnya.

Nah, untuk membangun itu kembali, lanjut Hardianto, salah satu yang harus dilakukan yaitu dengan kembali melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka.

“Belajar mengajar secara tatap muka di sekolah atau di perguruan tinggi itu lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” papar Hardianto.

Orang nomor satu di UPP itu berharap, proses belajar mengajar secara tatap muka hendaknya segera kembali dilakukan, mengingat saat ini kualitas belajar sekarang ini sangat menurun.

Komisioner KPU Riau, Nugroho berdasarkan pandangan dari politik, bahwasanya untuk saat ini dari perspektif politik, pendidikan politik lebih dewasa dan 70% partisipasi masyarakat terkhusus Rokan Hulu sudah tinggi dalam Pemilukada, tinggal memperbaiki pola pikir masyarakat tentang “politik itu kejam” harus diubah. Karena setiap kebijakan publik melalui proses politik.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi III DPRD Rokan Hulu, Ali Imran mengatakan, bahwasanya Pendidikan Politik harus diajarkan sejak dini khususnya untuk pelajar ataupun mahasiswa sebagai pemula yang nantinya juga akan menjadi pengambil kebijakan 20 tahun kedepan.

“Bahwa mereka saat ini adalah gambaran pemimpin daerah di masa yang akan datang,” tutupnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana, AlHajri melaporkan, bahwa kegiatan ini akan di agendakan secara rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini tentunya kegiatan yang sangat positif dalam rangka membangun Kabupaten Rokan Hulu dalam berbagai perspektif.