Diserahkan Plt Rektor UPP, Ratusan Mahasiswa Terima Beasiswa KIP

PASIRPENGARAIAN – Dalam upaya meningkatkan dan mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus, khususnya di di Kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang berada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (29/1/2021), Rektorat UPP telah menyerahkan Buku Tabungan dan ATM kepada mahasiswa yang menerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun akademik 2020-2021.

Penyerahan buku tabungan dan kartu ATM tersebut dihadiri Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd dan Plt Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH serta Plt Wakil Rektor II UPP, Hidayat SE MM serta turut hadir perwakilan Bank BTN Cabang Pekanbaru, Risa Thuswenti Askar dan kepala BAAK UPP, Khairil Fajeri SAk.

Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, Penyaluran biaya hidup atau uang saku bagi penerima KIP untuk LLDIKTI Wilayah X dilakukan melalui Bank BTN. “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa UPP penerima KIP tahun 2020 yang berjumlah 159 orang mahasiswa,” ucapnya.

Selanjutnya Hardianto menekankan, bahwa penerima KIP mesti memperhatikan prestasinya selama menempuh pendidikan di UPP. Jangan sampai indeks prestasi mahasiswa penerima KIP tidak mampu memenuhi harapan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kita menghimbau kepada seluruh mahasiswa yang menerima KIP tersebut untuk terus memperhatikan prestasinya selama melaksanakan pendidikannya di UPP, dan mampu memenuhi harapan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” tutur Hardianto.

Lebih lanjut Hardianto menyampaikan, saat ini UPP telah memiliki 18 program studi yang semuanya sudah terakreditasi. Hal ini berguna agar calon mahasiswa memiliki banyak pilihan sesuai dengan keinginan masing-masing.

“Kita menyampaikan dan mengajak kepada seluruh calon mahasiswa untuk mari bersama-sama menyongsong masa depan yang lebih cerah dengan bergabung serta meneruskan pendidikannya di UPP,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH juga menyampaikan dan mengajak mahasiswa penerima KIP untuk bersyukur atas prestasi dan kepercayaan pemerintah yang memberikan KIP kepada mahasiswa UPP. Gunakanlah bantuan tersebut untuk menunjang prestasi mahasiswa.

“Kami menyampaikan kepada mahasiswa penerima KIP untuk selalu bersyukur atas prestasi dan kepercayaan pemerintah serta gunakanlah bantuan tersebut untuk menunjang prestasi kita lebih baik lagi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Plt Wakil Rektor II UPP, Hidayat SE MM mengatakan, bahwa mahasiswa penerima KIP hendaknya mampu menjadi teladan bagi mahasiswa lainnya baik dalam hal prestasi akademik maupun non akademik.

“UPP memiliki banyak beasiswa lainnya yang bisa diperoleh oleh mahasiswa seperti beasiswa rekomendasi desa dan beasiswa edu grant,” jelasnya.

Perwakilan Bank BTN cabang Pekanbaru, Risa Thuswenti Askar menyampaikan, bahwa LLDIKTI Wilayah X bekerjasama dengan BTN dalam penyaluran KIP kepada mahasiswa. Pembagian buku tabungan sekaligus kartu ATM dilakukan agar mahasiswa dapat langsung menggunakan bantuan pemerintah dengan sebaik-baiknya.

“Uang saku yang diterima mahasiswa itu sebesar 4,2 juta rupiah setiap semesternya, dan kami berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah ini hendaknya adik-adik mahasiswa nantinya mampu menjadikan masa depannya dengan cerah dan sukses,” bebernya.