Diikuti Ribuan Mahasiswa Baru, Pelaksanaan PKKMB UPP Tahun Ini Sangat Meriah

PASIRPENGARAIAN – Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024-2025 sangat meriah dari tahun sebelumnya. Kenapa tidak, dimana tahun ini seluruh mahasiswa baru sangat antusias mengikuti kegiatan yang ditaja oleh gabungan dosen dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selaku panitia.

Terlihat pada pelaksanaan kegiatan PKKMB, seluruh mahasiswa baru, panitia beserta keluarga besar civitas akademika UPP terlihat sangat kompak memanfaatkan dengan baik seluruh kegiatan PKKMB sehingga tidak terlihat perbedaan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa yang lama.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.net, Kamis (05/09/2024) menjelaskan, bahwa selama pelaksanaan PKKMB di UPP juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan pembangunan Rokan Hulu (YPRH) Dr H Achmad MSi juga memberikan motivasi kepada mahasiswa tentang menuntut ilmu, serta mengajak mahasiswa untuk kritik yang sifatnya membangun.

“Selain Pak Achmad, kegiatan PKKMB UPP tahun ini juga dihadiri oleh Kapolres Rokan Hulu beserta jajarannya dan juga dihadiri oleh Branch Manager Bank Riau Kepri Syariah Pasir Pengaraian,” tuturnya.

Menurut Hardianto, bahwa pelaksanaan PKKMB tahun ini yang paling meriah dari tahun sebelumnya. Karena terlihat kekompakan antara panitia pelaksana yang merupakan gabungan BEM dengan dosen UPP untuk mengajak mahasiswa baru saling kenal mengenal satu dengan yang lain.

“Tidak hanya itu saja, mahasiswa baru juga sangat semangat mengikuti seluruh rangkaian maupun kegiatan yang telah disusun oleh panitia. Salah satu contohnya yaitu, ketika mahasiswa baru mengikuti kegiatan pengenalan fakultasnya masing-masing,” jelasnya.

Rektor UPP lebih lanjut memaparkan, pada pelaksanaan PKKMB tahun ini, Universitas Pasir Pengaraian juga meraih Rekor MURI tentang sajian makanan Kue Malako Kuah Khas Melayu Riau.

Kemudian, kata Hardianto, pelaksanaan PKKMB itu dilakukan dihalaman Kampus UPP, dengan rincian kegiatan yaitu, pengembangan karakter mahasiswa, menumbuh kembangkan jiwa leadership berorganisasi dan perkenalan organisasi mahasiswa di lingkungan kampus.

“Selain itu, juga dilakukan kegiatan kehidupan berbangsa dan kesadaran bela Negara, kesadaran lingkungan sehat,” paparnya.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UPP, Fauzan Afria Nur mengucapkan selamat datang di kampus UPP kepada mahasiswa baru dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa baru telah memutuskan dan menetapkan pilihannya untuk kuliah di UPP.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa baru memilih UPP untuk menimba ilmu dan menuntut ilmu. Mudah-mudahan niat adik-adik melangkahkan kakinya untuk kuliah ke kampus ini selalu dimudahkan dalam prosesnya dan berakhir pendidikannya dengan baik,” ucapnya.