Ciptakan Lulusan Kreatif, UPP Buka Prodi Kewirausahaan

PASIRPENGARAIAN – Universitas Pasir Pengaraian (UPP) yang berada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus melakukan dan menciptakan inovasi baru untuk mewujudkan generasi daerah semakin cerdas dan berkembang di era revolusi industri.

Untuk menciptakan putra dan putri Kabupaten Rokan Hulu agar mampu bersaing serta mampu membuka dan menciptakan lapangan kerja, universitas kebanggaan masyarakat Rokan Hulu itu kini membuka Program Studi (Prodi) Kewirausahaan.

Secara legalitas di tingkat perguruan tinggi, bahwa Prodi Kewirausahaan UPP Surat Keterangan (SK) telah di terima Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd pada Selasa (12/1/2021) yang diserahkan secara langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof Herri dan disaksikan Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah X, Yandri SH MH di lantai 2 LLDIKTI Wilayah X di Padang, Sumatera Barat.

Usai penyerahan SK tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof Herri mengucapkan selamat kepada UPP yang telah berhasil membuka prodi baru dan menyampaikan bahwa perlu mengoptimalisasikan kegiatan magang untuk prodi kewirausahaan tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada UPP atas penerbitan Prodi yang baru, dan kemi berpesan perlunya melibatkan praktisi dalam membimbing mahasiswa agar tujuan prodi bisa dicapai secara maksimal,” paparnya.

Sementara itu, Plt Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, Rabu (13/1/2021) mengatakan, bahwa diluncurkannya Prodi kewirausahaan ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang mampu membuka dan menciptakan lapangan kerja.

“Dengan adanya prodi kewirausahaan ini, semakin membuka kesempatan putra putri Rokan Hulu dan Riau umumnya untuk menjadi wirausahawan. Masa sekarang dan masa yang akan datang kemampuan menciptakan peluang usaha sangat penting dimiliki oleh setiap orang dan prodi kewirausahaan akan menjawab tantangan tersebut,” ucap Hardianto.

Hardianto menambahkan, bahwa Prodi Kewirausahaan ini merupakan suatu proses dalam melaukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain serta bernilai tambah tentunya.

“Selain itu, Kewirausahaan ini adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Seorang wirausahawan adalah seorang pejuang, berani, berwatak agung dan berbudi luhur,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Hardianto juga mengatakan, bahwa dengan diterimanya SK Prodi Kewirausahaan, saat ini Universitas Pasir Pengaraian telah memiliki 18 Program Studi.

Menanggapi pesan dari Kepala LLDIKTI Wilayah X, Plt Rektor UPP menyampaikan, bahwa tentunya masukan dari kepala LLDIKTI Wilayah X akan sangat berguna untuk Prodi Kewirausahaan kedepan.

“Kita berharap UPP semakin lebih baik pada masa yang akan dating dan mampu menamatkan putra putri terbaik sesuai dengan jurusannya masing-masing,” pungkas hardianto.