Bersama UPP, Madrasah Aliyah di Rohul Bersinergi Membangun Karya Ilmiah

PASIRPANGARAIAN – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Madrasal Aliyah se Rokan Hulu (Rohul), Selasa (24/11/2020) melakukan kegiatan pelatihan penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi guru-guru mata pelajaran di MA se Rokan Hulu.
Kegiatan yang dilakasanakan di MAN Pasir Pengaraian ini dibuka langsung oleh kepala sekolah, Dewi Sami Wardani SPd dan diikuti lebih kurang 30 orang guru mata pelajaran di MA se Rokan Hulu.
Dalam pembukaannya, Dewi Sami Wardana menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membawa semangat bagi guru-guru untuk menghasilkan karya ilmiah yang dapat di perlombakan di tingkat nasional.
“Target kita salah satu MA di Rokan Hulu nantinya dapat menjuarai lomba karya ilmiah siswa tingkat nasional di tahun depan,” tuturnya.
Dalam mewujudkan hal tersebut, guru-guru harus persiapkan untuk mebimbing siswa untuk menulis karya ilmiah yang dapat bersaing di lomba nasional. MGMP dalam hal ini merupakan wadah untuk guru-guru berkumpul dan saling berbagi ilmu dan pengalaman.
Sejalan dengan program Universitas Pasir Pengaraian dalam program pengabdian masyarakat, sebagai wujud dalam mengemban Tridarma Perguruan Tinggi. MGPM sengaja mendatangkan pakar untuk memberikan kiat-kiat dalam menghasilkan karya ilmiah yang terbaik.
“Dalam hal ini MGMP mendatang salah satu Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pasir Pengaraian yaitu Arief Anthonius Purnama MSi, Dosen yang saat ini sedang mempersiapkan studi S3 nya ke Shimane University, Jepang, merupakan Reviewer di Jurnal Nasional dan Internasional, dan telah banyak menghasilkan tulisan di jurnal ilmiah Nasional dan Internasional,” ucapnya.
Kiat menemukan ide penelitian, menulis proposal penelitian dan mengelola siswa untuk tetap bersemangat menulis disajikan dengan sangat baik pada kegiatan tersebut. Pemateri dan Guru saling bertukar ilmu dan pengalaman pada kegiatan seminar tersebut. Masalah dan tantangan yang akan dihadapi dalam lomba karya tulis ilmiah untuk tahun depan dikupas habis sehingga menghasilkan strategi untuk memenangkan lomba karya tulis ilmiah berikutnya.
Sementara itu, Plt Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Dr Hardianto MPd dalam hal ini menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan UPP yang terus mengabdi untuk Rokan Hulu.
“UPP yang saat ini memiliki 18 program studi berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan penelitian yang dilakukan siswa-siswa di Rokan Hulu nantinya jika membutuhkan peralatan dan bahan yang tersedia di beberapa Laboratorium UPP,” paparnya.
Lanjutnya, sebagai bagian dari Rokan Hulu, fasilitas yang ada di UPP tidak hanya dirasakan manfaatnya bagi Mahasiswa, tetapi juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Rokan Hulu.