Bersama Tim Pendidikan Matematika Mengabdi UPP, SMPN 3 Rambah Hilir Taja Peningkatan Kompetensi Gur

PASIRPENGARAIAN – Program “Pendidikan Matematika Mengabdi” Universitas Pasir Pengaraian (UPP) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk itu UPP bersama SMP Negeri 3 Rambah Hilir lakukan kegiatan peningkatan kompetensi guru.
Ketika ditanya lebih lanjut tentang program ini, Lusi Eka Afri, M.Si selaku ketua kegiatan ini menjelaskan bahwa program ini sifatnya memberikan berbagai macam pelatihan sesuai kebutuhan sekolah.
“Pada program ini, kami menyediakan pelatihan dan pendampingan yang bisa dipilih oleh sekolah. Diantaranya adalah Pelatihan PTK, pembuatan perangkat pembelajaran saintifik, pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi (powerpoint, filmora), pelatihan pemanfaatan Quizizz, Kahoot, Google Form, Google Classroom untuk tugas dan ujian online”tambahnya.
Adapun teknisnya, kami membuka pendaftaran, lalu pihak sekolah mendaftar melalui google form. Sejauh ini sudah ada 4 sekolah akan dijadwalkan pada tahap pertama. Pendaftaran tahap pertama sudah kita tutup. Insya Allah tahap kedua akan di buka kembali beberapa waktu ke depan.
“SMP Negeri 3 Rambah Hilir merupakan sekolah pertama yang kami kunjungi untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 28 November 2020. Sesuai kebutuhan sekolah, pelatihan yang diberikan yaitu Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Rambah Hilir dibuka langsung oleh kepala sekolah, Drs. Hatril Peto, M dan diikuti lebih kurang 20 orang tenaga pendidik”, tuturnya.
Dalam pembukaannya, Hatril Peto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Kami memilih pengembangan media Powerpoint karena Powerpoint merupakan aplikasi yang lebih dikenal oleh guru-guru.
Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa masa pandemi merupakan momen yang sangat tepat untuk menambah pengetahuan mereka dengan memberikan pelatihan karena kondisi menuntut mereka untuk lebih banyak belajar bagaimana metode pembelajaran yang dapat diterapkan sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Tim Pendidikan Matematika Mengabdi ini melibatkan 4 orang dosen. Pada pelaksanaannya, Marfi Ario menyampaikan materi peranan teknologi dalam dunia pendidikan, sedangkan Arcat menyampaikan materi tentang pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint.
Sementara Ratri Isharyadi MPd dan Riska Novia Sari MPd mendampingi dalam praktek pembuatan video pembelajaran bagi guru-guru. Pada penutupan acara, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Rambah Hilir mengharapkan adanya kerjasama antara SMP Negeri 3 Rambah Hilir dan FKIP UPP.
“Selanjutnya, sekolah mereka bisa terus diberikan pelatihan dan pendampingan oleh Pendidikan Matematika FKIP UPP guna meningkatkan kompetensi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolahnya,” ujarnya.
Sehingga nanti seluruh pendidik dan tenaga kependidikan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada siswa dalam situasi apapun.
Selanjutnya, Lusi Eka Afri selaku ketua kegiatan menyambut baik usulan kepala SMP Negeri 3 Rambah Hilir dan menyatakan kesiapan seluruh tim untuk melakukan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidikan ke depannya.