Buruan Daftar Seminar Pendidikan DiUPP Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Cabang Kabupaten Rokan Hulu.

Rokan Hulu – Menyambut kehadiran era revolusi 4.0 Universitas Pasir Pengaraian ( UPP) bersama Dinas Pendidikan Provinsi Riau cabang Kabupaten Rokan Hulu akan mengadakan Seminar Pendidikan dengan tema” Gadget, Psikologi, Anak dan Generasi Millenial”.

Hal Tersebut disampaikan langsung oleh ketua panitia pelaksana, Arrafiqur Rahman,SE.MM, dikatakannya seminar Pendidikan tersebut akan dilaksanakan pada hari Selasa, (12/02/2019) di Aula Universitas Pasir Pengaraian.

” Kita sudah susun agenda untuk acara seminar Pendidikan, terdiri dari dua panelis yaitu untuk topik pembahasan Pengaruh Gadget terhadap Psikologi Anak akan dibahas Psikolog Ibu Risdayati ( Rumpun Perempuan dan Anak Riau), serta untuk topik pembahasan tentang Tata Kelola Sekolah Unggul di Era Millenial dibahas oleh Cristian Pramudana ( Managing Director Sekolah Darma Yudha). Insyaallah kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib – 12.00 Wib dan sebagai peserta kita undang Seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/ MA sederajat Se- Kabupaten Rokan Hulu, beberapa kepala sekolah SMP/MTs di Kabupaten Rokan Hulu, serta para Pengawas SMA/SMK/MA,” terang Rafiq.

Lebih lanjut, Panitia menjelaskan, ada juga Seminar sesi Khusus FKIP yang mana pesertanya Khusus Dosen dan Mahasiswa FKIP UPP. Sesi ini dilaksanakan siang pukul 13.30. Sesi ini membahasa dua topik yaitu Menjadi Guru Berjiwa Teknopreneur oleh Cristian Pramudana dan Menuju Kampus Technopreneur oleh Rivi Antoni, M.Pd. Untuk informasi tentang pendaftaran silahkan seminar ini calon peserta dapat menghubungi contacts person 081268187108 ( Lufita Nur Alfiah, M.Si) 081371898673 ( Arrafiqur Rahman, SE.MM)

” Seminar ini diselenggarakan adalah mengingat hari ini kita tidak bisa membendung kecanggihan tekhnologi, apalagi dunia akan memasuki era revolusi 4,0 dimana hampir semua tekhnologi akan terdigitalisasi. HP atau gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas manusia. dunia pendidikan tentunya harus merespon kondisi perubahan ini dengan baik, bagaimana kita harus mampu mengoptimalkan perannya sehingga mampu sebagai alat proses pembelajaran yang lebih baik,” jelas Rafiq.

Terpisah, Rektor UPP Dr. Adolf Bastian, M.Pd mengatakan bahwa seminar yang akan laksanakan merupakan salah satu bentuk kegiatan kerja sama antara UPP dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau cabang Kabupaten Rokan Hulu, dalam rangka tanggung jawab kedua pihak untuk mengembangkan kompetensi Kepala para kepala Sekolah SMA, SMK dan MA swasta Negeri se Kabupaten Rokan , tema yang diangkat adalah tentang Gadget, bahwa era generasi milenial hari ini Gadget sudah merupakan budaya kehidupan baru bagi anak-anak muda terutama usia SMA, SMK, MA, tentu kehadiran Gadget ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat baik sebagai guru, pendidik ataupun kepala sekolah, sehingga tema yang kita angkat ini tentu,sangat bermanfaat untuk para orang tua, kepala sekolah guru serta calon- calon guru yang akan berofesi sebagai guru, kemudian kehadirat Gadget itu ada yang positif dan yang negatif juga pro dan kontra di tengah masyaraka.tentu, Gadget dalam kehidupan Millenial di samping sangat dibutuhkan oleh generasi milenial dalam Lanning proses dalam mencari sumber-sumber pembelajaran yang bermutu tapi gadget juga membawa dampak negatif bagi siswa yang belum mampu menggunakan kapan saatnya Gadget itu berfungsi dalam peningkatan kualitas pembelajaran atau tugas yang diberikan oleh guru.

“Sehingga Kalau dilihat lagi secara ilmu psikologinya bahwa bagaimanapun dampak gadget mempengaruhi psikologi anak. nah, Seperti apa hari- hari ini kita melihat game online yang sangat berkembang, pengaruh media- media yang itu belum tentu semuanya mendukung anak dalam proses pencarian jati dirinya, sehingga secara psikologi kita akan hadirkan seorang ahli Psikologi dan juga akan menghadirkan salah seorang kepala sekolah berprestasi yang akan bercerita bagaimana selama ini dia mengelola sekolah itu seperti yang ada pada seminar kali ini,” jelas Adolf.

Kami berharap kehadiran para kepala sekolah serta Guru dalam Seminar ini akan memberikan pengetahuan baru atau juga menjadi ajang diskusi Seperti apa besok sekolah- sekolah kita yang ada di Rohul ditingkat SMA,SMK, MA ini membuat komitmen bersama siswa tentang penggunaan gadget dalam Lanning proses, Ya” mau nggak mau ini tidak bisa kita tolak kehadiran Gadget ini dalam generasi millenial ini, jadi seminar ini sangat penting dan sangat bermutu akan memberikan pemahaman Baru terhadap stakeholder dalam tugas profesinya baik sebagai kepala sekolah dan pendidik tentu UPP punya tanggung jawab mengembangkan seri- seri seminar baik itu diperuntukan untuk kepala sekolah guru dan siswa juga sebagai tanggung jawab dalam mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi,” Ujarnya.

Sumber:http://riausmart.com