BEM UPP Gelar “Lawyers Club” Bahas Persiapan PSU

PASIRPENGARAIAN  - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menggelar UPP Lawyers Club dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa yang kritis akan isu-isu Nasional, Regional maupun daerah sebagai bahan diskusi bersama.
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula UPP yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pasir Pengaraian Dr Hardianto, Kamis (15/04) sekitar pukul 10.00 WIB.
Selain dari Kapolres turut sebagai pembicara, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Novliwanda Ade Putra ST, Ketua Bawaslu Rokan Hulu, Fajrul Islami Damsir, SH MH, Ketua KPU Kabupaten Rokan Hulu, Elfendri ST, M.Eng dan beberapa perwakilan ormas Mahasiswa lainnya.
Dalam agenda Lawyers Club yang dipelopori oleh mahasiswa tersebut, BEM UPP mengangkat tema “Pilkada Rohul, Suara Rakyat atau Suara Perusahaan?”.
Saat diwawancarai oleh awak media, Rektor UPP, Dr Hardianto apresiasi terhadap BEM UPP yang dapat menyelenggarakan agenda tersebut dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan.
“Agenda tentunya ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian, sehingga mahasiswa dapat berpikir kritis dan berani menyuarakan suara rakyat untuk kepentingan banyak orang,” ungkap Rektor.
Sementara itu, Presiden Mahasiswa UPP Suhendri mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya agenda Lawyers Club versi UPP tersebut untuk mewujudkan UPP mahasiswa yang kritis akan isu nasional, Regional dan Daerah dalam ruang diskusi dengan para pakar terkait.
“Insyaallah dalam tiap bulannya kita akan selalu adakan ruang diskusi seperti ini, agar kedepan masalah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu dapat terselesaikan dan ada solusinya, kalau lah di tv ada ILC maka di Rohul kita punya UPP Lawyers Club,” sebut Suhendri . 
Terkait pembahasan Lawyers Club yang diselenggarakan oleh BEM UPP, beberapa narasumber menjelaskan persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara (PSU) Pilkada Rohul yang akan dilaksanakan pada 21 April 2021 mendatang.
Dalam tanggapan  Kapolres Rokan Hulu, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH mengatakan sejauh ini kepolisian bekerjasama dengan TNI dan beberapa pemangku kepentingan lainnya telah melakukan pengamanan di Lokasi PSU akan dilaksanakan.
“Pihak Kepolisian bersama TNI sudah mempersiapkan Personil, melakukan patroli, guna menjaga Kamtibmas di Lokasi PSU,” jelas Kapolres.
Sedangkan Ketua Bawaslu Rohul, Fajrul Islami mengajak mahasiswa untuk dapat netral dan ikut memastikan kondusifitas di tengah masyarakat.
“Kita juga berharap kepada mahasiswa untuk ikut memastikan proses ini berjalan dengan lancar dan berkeadilan, sehingga mahasiswa juga memiliki peran penting dalam menciptakan suasana tentram dan damai,” katanya.
Sementara itu, Ketua KPU Rokan Hulu, Elfendri menjelaskan sejauh ini persiapan KPU menjelang PSU di 25 TPS di Kecamatan Tambusai Utara telah mencapai 80 persen.
“Ada beberapa kekurangan yang saat ini tengah kami usaha telah selesai dan insyaallah sehari sebelum hari PSU diselenggarakan, semua kebutuhan telah selesai,” tukasnya.
Ditempat yang sama, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST mengatakan bahwa DPRD Rokan Hulu telah mensupport dan menyediakan kebutuhan menjelang PSU.