• Posted: 2021-06-04 20:06:02
  • By: administrator29
  • Readed: 88

UPP Gratiskan Biaya Kuliah Bagi Calon Mahasiswa yang Hafidz Al-Quran

ROKANHULU – Kabar gembira dari Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan memberikan kuliah gratis bagi siswa SLTA sederajat yang mau kuliah di UPP.

Pasalnya, di tahun 2021 ini, pihak Civitas Akademik UPP mengeluarkan kebijakan baru tentang biaya kuliah di kampus tersebut. Dimana calon Mahasiswa di UPP, akan dibebaskan dari kewajiban membayar SPP dan biaya wisuda selama kuliah di UPP. Tetapi dengan satu syarat, yaitu bila calon mahasiswa telah Hafidz Al-Quran 30 juz.

Hal itu diungkapkan Rektor UPP, Dr Hardianto MPd didampingi Plt WR I UPP, Zulkifli SH MH, Jumat (4/6/2021) kepada Celotehlah.com di ruang kerjanya di Kampus UPP.

“Bagi calon mahasiswa yang telah Hafidz Al-Quran 30 juz kita gratiskan kuliahnya di UPP sampai tamat,” tutur Hardianto.

Hardianto menambahkan, pemberian beasiswa kepada calon mahasiswa baru ini untuk semua jurusan yang ada di UPP, dan ini sebagai bentuk dorongan Civitas Akademika UPP untuk mempelajari Alquran.

“Ini merupakan bentuk dorongan kita kepada generasi muda untuk dapat membaca, memahami, mempelajari dan menghafal Al Quran,” papar Hardianto.

Selain itu, kata Hardianto, kebijakan ini untuk menunjang upaya UPP mencetak generasi intelektual muslim yang hebat.

“Namun demikian, hal itu bukan sebagai larangan bahwa calon mahasiswa tidak boleh belajar ilmu umum dan tekhnologi tetapi, jangan lupa membaca dan menghafal Alquran,” tegas Hardianto.

Rektor UPP juga menambahkan, bahwa pembukaan pendaftaran untuk mengikuti beasiswa jalur Hafidz Quran itu sudah dibuka dari sekarang dan berakhir pada Juli 2021 mendatang.

“Adapun tujuan dari program yang kita lakukan ini adalah bahwa UPP mengapresiasi putra putri Rokan Hulu, siswa SLTA sederajat secara umum untuk diterima di UPP melalui jalur Tahfidz Quran ini,” ujarnya.

Orang nomor satu di Civitas Akademika UPP itu menguraikan, bahwa sejak dibukanya beasiswa Hafidz Quran ini sudah ada satu calon mahasiswa yang telah lulus mengiuti beasiswa Hafidz Quran itu.

“Adapun calon mahasiswa yang telah lulus mendapatkan beasiswa dari Hafizd Quran ini, yaitu Dea Adilla Kamil Putri dari Bapak Husnan Kamil yang merupakan alumni dari MA Tahfidz Islamic Center Rohul,” kata Hardianto.

Tags: