• Posted: 2020-07-21 14:58:29
  • By: administrator29
  • Readed: 104

Universitas Pasir Pengaraian Buka Seleksi Calon Rektor UPP Periode 2020-2024

PASIRPENGARAIAN – Habisnya periodisasi jabatan rektor UPP 2016-2020, Oktober mendatang, Universitas Pasir Pengaraian kembali membuka seleksi calon Rektor UPP masa jabatan 2020-2024.

Seperti diketahui, saat ini UPP dipimpin oleh seorang Rektor Kelahiran Tambusai, Dr Adolf Bastian, M.Pd. yang telah berhasil membranding kampus UPP, menjadi kampus Teknopreneur, Kampus Pengusaha Sukses, sehingga siapapun nantinya rektor yang dipilih oleh senat universitas dan mendapat kepercayaan yayasan, harus mampu melanjutkan visi baru UPP menuju kampus Teknopreneur 2035.

Dalam penjelasan Ketua Panitia penerimaan seleksi Rektor UPP, Rise Karmila, SH, M.Hum mengatakan, pemilihan rektor akan melewati beberapa tahapan seleksi dimulai dari seleksi adminstrasi, penyampaian visi dan misi, pemungutan suara senat, pertimbangan yayasan sampai penerbitan SK dan pelantikan.

“Kita baru saja mengumumkan ke publik tentang informasi penyaringan calon rektor UPP, berikut dengan tahapan dan prasyarat yang harus dipenuhi calon atau peminat dari seluruh wilayah Indonesia dan untuk lebih jelasnya bisa lihat di web pilrek.upp.ac.id ” ujarnya.

Ketua Panitia menjelaskan terdapat beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang calon rektor UPP, seperti :
1) Berkewarganegaraan Indonesia.
2) Sehat jasmani dan rohani;
3) Berpendidikan minimal bergelar doktor dan berpangkat akademis Lektor Kepala;
4) Memiliki integritas, komitmen, dan kepemimpinan yang tinggi:
5) Memiliki kreativitas untuk pengembangan potensi UPP;
6) Berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi;
7) Berusia maksimal 60 (enam puluh) tahun pada saat dilantik menjadi Rektor sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan;
8) Bebas dari kepentingan politik, ekonomi, maupun kepentingan pihak di luar UPP lainnya yang bertentangan dengan kepentingan UPP; dan
9) Tidak pernah ditetapkan menjadi terdakwa atas dugaan melakukan tindak pidana yang diancam pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Lanjut Rise, bagi yang memenuhi persyaratan diatas dan serius ingin mencalonkan diri, dapat mengirimkan dokumen, seperti :
1. Mengisi formulir pendaftaran (sesuai form yang disediakan).
2. Foto copy KTP
3. Surat Keterangan Sehat
4. Ijazah S-3 dan atau Lektor Kepala
5. Pas Foto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar)
6. Fotocopy SK Setingkat Dekan/Kepala Lembaga/Kepala Badan/Eselon II di pemerintahan
7. Surat Persetujuan Pimpinan Instansi Tempat Bekerja*
8. Curriculum Vitae (sesuai form yang disediakan).
9. Karya Tulis (sesuai form yang disediakan).
10. Surat Pernyataan (sesuai form yang disediakan).

Melalui awak media, Wanita berparas cantik itu juga mengatakan sejauh ini sudah ada beberapa orang yang berminat dan menanyakan kepastian dan syarat yang diperlukan.

“Sejauh ini sudah ada beberapa calon yang meminta informasi kebenaran pengumuman panitia, bahkan ada calon yang berasal dari kampus di Sumbar dan pulau Jawa.” tambah Rise

Rise berharap, “siapapun Rektor yang terpilih nantinya, dapat membawa UPP menjadi lebih baik, berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan UPP dapat diwariskan dari generasi ke generasi penerus bangsa khususnya generasi muda Rokan Hulu”.

AS

Tags: