• Posted: 2022-04-29 13:22:16
  • By: administrator29
  • Readed: 70

Tutup PKK, Ka Prodi D-III Kebidanan UPP Harapkan Mahasiswa Tetap Pegang Teguh Etika Kebidanan

Program Studi (Prodi) D-III Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kamis (28/4/2022) telah melakukan penutupan Praktik Klinik Kebidanan (PKK) III di Puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).
Dimana pada praktik klinik kebidanan III tahun 2022 ini dikuti oleh mahasiswa Prodi D-III Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan UPP sebanya 21 mahasiswa semester VI.
Praktik klinik kebidanan III ini dilaksanakan selama dua bulan diantaranya satu bulan pertama dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad pekanbaru dan satu bulan lagi di Puskesmas yang ada di Rohul, (Puseksmas Rambah, Rambah Samo I, Rambah Hilir I dan Puskemas Rambah Hilir II).
Ketua Prodi D-III Kebidanan FIK UPP, Sri wulandari, Jumat (29/4/2022) menerangkan, praktik ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk dapat mempraktikkan teori yang telah diperoleh pada semester ini yaitu melaksanakan asuhan kebidanan.
“Dari teori yang diperoleh pada perkuliahan diharapkan agar peserta didik mendapatkan pengalaman melaksanakan praktik secara benar dan terarah sesuai dengan prinsip serta etika profesi kebidanan sehingga dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor,” paparnya.
Dia menambahkan, melalui praktik klinik yang tepat, peserta didik secara langsung mulai mengenal pelayanan kesehatan Asuhan Kebidanan dan belajar menanamkan disiplin serta kerjasama diantara sesama anggota profesi kesehatan.
“Praktik Klinik Kebidanan merupakan kegiatan belajar dilapangan agar mahasiswa memperoleh kesempatan untuk melaksanakan praktik pada tatanan klinik kebidanan yang sebenarnya,” ujar Sri.
Disamping itu, Prodi D-III Kebidanan FIK UPP berharap kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan Praktik Klinik Kebidanan agar dapat memegang teguh nilai, prinsip dan etika profesi kebidanan ditengah-tengah masyarakat.
“Kami harapkan kepada rekan-rekan mahasiswa kebidanan agar dapat memegang teguh nilai, prinsip dan etika profesi kebidanan ditengah masyarakat,” harapnya.

Tags: