• Posted: 2022-09-24 19:44:55
  • By: administrator29
  • Readed: 126

Tingkatkan Kualitas, Dua Dosen Prodi Agroteknologi FP UPP Ikuti Bimtek di Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik Jakarta

PASIRPENGARAIAN – Sebagai Pendidik Profesional, dosen memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.


Tentu saja dengan meningkatnya kualitas Dosen akan meningkat pula kualitas mahasiswa atau lulusan yang dihasilkan, melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP), Universitas Pasir Pengaraian (UPP) terus berupaya meningkatkan kualitas Dosen Program Studi Agroteknologi.


Untuk meningkatkan kualitas dosen tersebut, Dua Dosen Prodi Agroteknologi FP UPP, Lufita Nur Alfiah SP MSi dan Ir H Edward Bahar MP PhD mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) selama lima hari terhitung pada 20-24 September 2022 di Gedung Hortikultura Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta.


Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id, Sabtu (24/09/2022) mengatakan, dua dosen Agroteknologi yang mengikuti Bimtek LSPPO itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen selaku tenaga pendidik demi meningkatkan kualitas mahasiswa atau lulusan yang handal. UPP akan selalu berupaya agar mahasiswa/lulusan yang dihasilkan akan memberi manfaat kepada masyarakat.


“Saat ini  ada dua dosen Prodi Agroteknologi untuk mengikuti Bimtek pada LSPPO di Kementerian Pertanian Jakarta. Inilah salah satu upaya kita dalam meningkatkan kualitas dosen,” tuturnya.


Hardianto berharap, kedua dosen yang tengah mengikuti Bimtek itu diharapkan nantinya mampu mentransformasikan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat kepada mahasiswa.



Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanain, Lufita Nur Alfiah SP MSi menjelaskan, Bimtek itu merupakan upaya pembekalan bagi dosen dalam meningkatkan kualitas melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik dibidang pertanian organik, setelah bimtek akn dilaksanakan uji kompetensi dan setelah lulus nantinya akan memperoleh sertifikasi bidang organik dari LSPPO


“Program PKKM ini banyak memberikan kontribusi positif bagi Dosen, mahasiswa dan UPP. Terkhusus sertifikasi bidang pertanian organik ini merupakan hal yang sangat baik untuk dosen, apalagi saat ini pertanian organik sangat di minati,” terangnya.


Ketua Prodi Agroteknologi FP UPP, Al Muzafri STP MSi menyampaikan, ada beberapa kegiatan dalam PKKM yang di laksanakan, dimana kegiatan itu untuk meningkatkan kualitas dosen Program Studi Agroteknologi, salah satunya Peningkatan kompetensi Dosen dalam Bidang Pertanian Organik.


“Semoga nantinya ilmu yang diperoleh mampu disen transformasikan ke mahsiswa ataupun kepada masyarakat. Selain peningkatan kualitas Dosen dalam bidang pertanian organik, nantinya melalui Program PKKM Agrotekologi 2022 kemampuan dosen untuk menghasilkan artikel ilmiah juga akan ditingkatkan dengan melaksanakan pelatihan kemampuan menghasilkan artikel ilmiah,” paparnya.

Tags: