• Posted: 2022-04-20 15:12:10
  • By: administrator29
  • Readed: 123

Safari Ramadhan di Masda Makmur, Rektor UPP: Peran Orangtua Kunci Sukses Bagi Pendidikan Anak

Peran dan keterlibatan orangtua adalah kunci sukses bagi pendidikan anak. Ketika orangtua terlibat, anak-anak jadi bisa lebih menaruh perhatian pada pendidikannya, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Dalam jangka panjang, hal ini tentu dapat memberi manfaat bagi kehidupan anak kelak serta investasi terbaik bagi orangtua.


“Jadi, penting bagi orangtua untuk terlibat secara aktif dalam pendidikan anak-anaknya. Namun, bukan berarti memonopoli dan mengatur semua hal tanpa mempertimbangkan pendapat anak, ya. Peran orangtua dalam pendidikan anak maksudnya adalah bagaimana orangtua mendukung dan memastikan anaknya menerima dan menjalani pendidikan yang berkualitas,” tutur Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd, Selasa (19/4/2022) usai melaksanakan Safari Ramadhan di Desa Masda Makmur, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).


Hardianto juga menambahkan, bahwa orangtua tidak hanya memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal, orangtua juga punya peran penting dalam pendidikan anak. Jadi ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua diantaranya, memastikan anak sehat dan siap menerima pelajaran, jalin komunikasi dengan anak, dan lakukan kontak rutin dengan tenaga pendidik.


Pada kesempatan itu, Rektor UPP juga memaparkan kepada seluruh masyarakat Desa Masda Makmur, bahwa di Universitas Pasir Pengaraian telah memiliki 18 Program Studi (Prodi) atau jurusan dan telah terakreditasi.


“Jadi, untuk legalitasnya bapak-ibu jangan khawatir dan ragu mendaftarkan anaknya kuliah di UPP. Selain itu UPP juga sudah banyak memiliki dosen yang bergelar Doktor (S3). Alhamdulillah semua dosen di UPP adalah dosen yang terampil,” jelasnya.


“Kami juga menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Masda Makmur yang berkeinginan untuk kuliahkan anaknya di UPP sementara tersangkut masalah biaya, jangan khawatir, ayo daftarkan saja putra-putrinya di UPP nanti kita usahakan atau kita cari solusinya yang terpenting pendidikan anak tetap berlanjut,” tambah Hardianto.


Tidak hanya itu saja, pada kunjungan Safari Ramadhan ini, Civitas Akademika UPP juga menyerahkan cenderamata dan Vocher Ramadhan (Beasiswa Khusus Ramadhan). Dimana vocher itu dapat digunakan masyarakat untuk mendaftarkan anaknya kuliah di UPP.


“Dengan membawa vocher Ramadhan dari UPP ini tentunya ada kemudahan bagi masyarakat untuk menguliahkan anaknya di UPP ini, dalam artian ada keistimewaan bagi calon mahasiswa yang mendaftar di UPP menggunakan Vocher Ramadhan tersebut” jelas Rektor UPP.



Hadir pada Safari Ramadhan UPP ini, Dr Hardianto MPd, Sekretaris LPPM UPP, Ahmad Fathoni MT, Sekretaris LP3 UPP, Bambang Edison MT, Kepala BAKPK UPP, Marfi Ario MPd, Dosen Prodi Agroteknologi UPP, Khusnu Abdillah Siregar MP, Kades Masda Makmur, Erna Ayu Ningsih, perangkat desa serta seluruh masyarakat Masda Makmur.

Kades Masda Makmur, Erna Ayu Yuningsih mengatakan, bahwa kedatangan rombongan Safari Ramadhan dari UPP ini merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Desa Masda Makmur, karena kunjungan Safari Ramadhan dari UPP ini merupakan pertama kalinya di Masda Makmur.

“Kami sangat senang dan bangga atas kedatangan rombongan tim safari ramadhan dari UPP. Ini merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi kami di Desa Masda Makmur ini,” paparnya.

Erna lebih lanjut menambahkan, masyarakat Desa Masda Makmur berharap kepada UPP, bahwa jika ada beasiswa-beasiswa di UPP, hendaknya putra-putri dari Masda Makmur terdaftar dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

“Kami juga berharap kepada UPP jika ada beasiswa-beasiswa di UPP, jangan lupa masukkan putra-putri kami sebagai penerima beasiswa tersebut, dengan adanya beasiswa itu dapat meringankan biaya bagi orangtua dari putra-putri kami,” harap Kades Masda Makmur.

Tags: