• Posted: 2021-09-18 09:04:24
  • By: administrator29
  • Readed: 314

Pembekalan dan Pelepasan KKN Tematik 2021 Universitas Pasir Pengaraian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPP mengadakan Pembekalan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2021 UPP di Aula Universitas pada hari sabtu 18 September 2021. (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Kegiatan ini secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan KKNT diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. 

Adapun yang menghadiri acara tersebut yaitu Rektor Universitas Pasir Pengaraian Bapak Dr. Hardianto, M.Pd di wakili oleh Wakil Rektor 2 Bapak Hidayat, SE. MM, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rokan Hulu Bapak Prasetyo, S.IP, M.Si,  Ketua LPPM Dr. Dedi Mardiansyah. M.Si sekaligus Ketua panitia pelaksana, Sekretaris LPPM Dr. Nurrahmawati, M.Pd, Ketua LPMI Sohibun M.Pd, Ketua MBKM Center Annajmi, M.Pd, serta seluruh panitia. 

Dalam Sambutanya Wakil Rektor mengatakan “Universitas Pasir Pengaraian merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kabupaten  Rokan  Hulu,  memiliki fungsi Tridharma  Perguruan Tinggi.  Salah satu  di antaranya  adalah  Dharma  Pengabdian  kepada  Masyarakat  yang  diwujudkan  dalam program  KKNT.  Kegiatan  KKNT  di  Universitas  Pasir  Pengaraian merupakan salah satu kegiatan dari Program hibah Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dimenangkan oleh UPP di tahun 2021 ini. Kita berharap KKNT ini juga mampu memberikan solusi dan pendampingan terhadap permasalahan yang ada di masyarakat Desa di Kabupaten Rokan Hulu. 

Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian yang  akan  melaksanakan  KKNT  diharapkan  menjadi  contoh  yang  baik  serta  dapat menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki pada daerah-daerah lokasi tugas. Dalam KKNT,  mahasiswa  belajar  mensinkronkan  dan  mensinergikan  antara  dunia  akademik-teoretis dengan dunia empiris-praktis bagi pemecahan permasalahan masyarakat agar masyarakat mampu memberdayakan dirinya, serta menolong diri mereka sendiri. 

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang ada saat ini, maka harapan kami dari Rektorat kepada berbagai pihak yang berkompeten, untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKNT ini sehingga  menjadi  media  pembelajaran  praktis  kepada para  mahasiswa  dengan  tetap mematuhi  Standar  Kesehatan  yang  telah  ditetapkan  pemerintah.  Kepada  Bapak/Ibu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKNT, tugas yang diemban oleh Bapak/Ibu Dosen dalam membimbing, mengarahkan, memberi nasihat dan memberikan penilaian kepada para mahasiswa peserta KKNT tahun 2021 ini, agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan menjaga kesehatan diri, mahasiswa, dan masyarakat.

Dr. Dedi Mardiansyah, M.Si selaku Kepala LPPM menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program pilihan yang bisa di ikuti oleh mahasiswa UPP semester 7. Apabila dimaksimalkan, KKNT ini akan memberikan manfaat yang basar baik kepada mahasiswa, Universitas dan juga masyarakat.

Tags: