• Posted: 2021-09-03 20:45:30
  • By: administrator29
  • Readed: 168

Menuju transformasi digital, Filkom UPP siapkan skill era Industri 5.0

Mengusung tema “ Dari PKKM menuju Transformasi Digital Untuk Menatap Era Industri 5.0” Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UPP Rokan Hulu menyelenggarakan kegiatan PKKMB tahun 2021 ini secara daring, dengan  menghadirkan 4 Pembicara terbaiknya yaitu Dr Hendry Kurniawan MM, Hendri Maradona MKom, Basorudin MKom, dan Mi’rajul Rifqi MCs.

Dalam sambutannya Rektor UPP Dr Hardianto MPd mengapresiasi kegiatan PKKMB yang di selenggarakan oleh Filkom UPP. dia menyampaikan kepada 160 mahasiswa baru Filkom untuk mampu bersaing di tengah pesatnya persaingan di era Industri 5.0 ini.

Hardianto menghimbau kepada mahasiswa baru agar mempersiapkan skill yang dibutuhkan di dunia usaha dan industri seperti Analis Sistem informasi corporateProgrammer yang handal baik berbasis web maupun mobile yang kreatif dan inovatif serta mampu berkolaborasi.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Hendri Maradona MKom sekaligus sebagai pembicara ke-2 pada kegiatan PKKMB ini menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa dan mahasiswi baru yang secara resmi telah bergabung menjadi keluarga baru pada Fakultas Ilmu Komputer tahun 2021. Filkom memiliki Motto “Satu Keluarga Kompak Abis”.

Hendri menyampaikan tujuan PKKMB yang dititip oleh Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Mahasiswa Filkom harus memiliki skill abad 21 ini seperti berikut ini :

  • Keterampilan berfikir kritis dan pemecahan masalah
  • Kreativitas dan inovasi
  • Kolaborasi
  • Komunikasi.

“Filkom membuka seluas – luasnya penerapan program MBKM untuk memfasilitasi mahasiswa memiliki pengalaman dan kemampuan disiplin ilmu yang lain sebagai bekal untuk mengimplementasikan kemampuan ilmu komputer di berbagai bidang baik usaha maupun industri,” jelas Hendri.

Dekan Filkom juga menyampaikan bahwa Filkom pada 2021 hingga 2025 ini sangat konsen pada terwujudnya digital transformation baik bagi Dosen dan Mahasiswa serta fokus pada Job Skill Trend seperti skill Cybersecurity, data science dan data analytics, big Data, cloud computing, internet of thing dan edge computing, artificial intelligence dan machine learning, software development (website dan mobile).

“Dengan keahlian di atas diharapkan mahasiswa Filkom mampu bersaing secara nasional,” ujarnya.

Beberapa materi yang juga sangat menarik yaitu General Education oleh Dr Hendry Kurniawan MM, Pengenalan Nilai Budaya, Etika dan Norma oleh Hendry Maradona MKom, pembentukan karakter mahasiswa oleh Basorudin MKom, perguruan tinggi di era insustri 4.0 oleh Mi’rajul Rifqi MCs.

“Bahwa hari ini program studi jangan terlalu pakem dengan disiplin ilmunya sendiri. prodi wajib membekali mahasiswa dengan keilmuan prodi dan tidak meninggalkan kolaborasi dengan disiplin ilmu lain. kemudian bahwa problematika lulusan perguruan tinggi di antaranya yaitu kurangnya softskill, skill lulusan kurang memadai, pengalaman kerja kurang, persaingan kerja tinggi, maka solusinya adalah peningkatan kegiatan UKM, BEM dan Pelatihan, Pembenahan Kurikulum dan Fasilitas, terakhir magang ke perusahaan,” kata Hendry Kurniawan.

”Pentingnya karakter dasar yang harus ditanam sejak dini, menanamkan adab, etika dan moral kepada mahasiswa baru dan ada 8 cara membentuk karakter diri yaitu belajar menghargai diri sendiri, mengenal dan mengendalikan diri, terus belajar, memperbaiki masa lalu, memperhitungkan tindakan yang di ambil, komitmen, kedisiplinan, kenali kelebihan dan kekuranganmu,” kata Basoridun.

“Pendidikan sebagai pemenuhan kebutuhan industri, oleh karenanya Filkom UPP siap membekali mahasiswa baru dengan soft-skill yang sesuai, mendorong mahasiswa/i berinovasi, terampil teknologi, mempersiapkan masuk dunia kerja dan meningkatkan daya saing lulusan,” kata Mi’rajul Rifqi.

Pada sesi tanya jawab, antusiasme mahasiswa ingin mengetahui materi lebih dalam sangat terlihat. ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa bertanya kepada masing-masing pemateri, dan semua pertanyaan dijawab dengan sangat konkrit oleh pemateri dan didukung dengan contoh contoh rill yang ada sehingga mahasiswa mengerti peran teknologi khususnya di bidang ilmu komputer dapat menjadi peluang pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Pada sesi akhir Kegiatan PKKM, mahasiswa diperkenalkan apa itu Program Studi serta Dosen-dosennya, apa itu Penasehat Akademik (PA), bagaimana cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), dan Teknis lain yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar nantinya

Tags: