• Posted: 2020-07-20 14:48:47
  • By: administrator29
  • Readed: 62

Mengenal Khairul Azhar, Mahasiswa UPP Sebagai Juragan Jambu Kristal dan Jengkol

PASIRPENGARAIAN – berawal dari 4 batang bibit Jambu Kristal, mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Khairul Azhar (41) berhasil membuat perkebunan Jambu Kristal, jengkol dan lengkeng.

Apa yang kau tanam, itulah yang akan kau petik, yah, itulah pepatah yang pantas diberikan kepada Khairul Azhar, pria berbadan subur ini berhasil mengembang biakkan pohon Jambu Kristal menjadi perkebunan yang menghasilkan uang.

Jambu kristal dikenal sebagai varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia, selain manis dan menyegarkan, jambu ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, misalnya kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, antitumor, antioksidan, dan antiperadangan, serta mampu mencegah penuaan dini.

Dalam penjelasan pria yang saat ini belajar di bangku kuliah Fakultas ekonomi Prodi Manajemen UPP itu, awalnya ia mendapat bibit jambu kristal sebanyak 4 batang dari salah satu Institut di pulau Jawa, lalu, dengan ilmu yang ia peroleh saat di bangku sekolah, kini ia mampu memiliki perkebunan Jambu Kristal yang telah siap panen.

“Semuanya kembali kepada niat dan kerja keras,” ungkap Azhar sambil menoreh senyum lebar, Senin (20/07/2020)

Selain jambu kristal, Azhar juga mengembangbiakkan pohon Jengkol dan Lengkeng di tanah seluas 8 hektar.

“Awalnya saya bingung mau diapakan tanah seluas 8 hektar yang berbukit ini, dan akhirnya saya buat untuk tanam buah-buahan sebagai ciri khas dari Kabupaten Rokan Hulu nantinya, ” tungkasnya.

Setelah 4 tahun berjalan, kini perkebunan milik Azhar mampu menghasilkan 30 Kg buah Jambu Kristal siap panen dalam seminggu.

“Saat ini masih dalam proses pengembangan, InsyaAllah akan terus dikembangkan,”lanjut Azhar.

Selain dari perkebunan Buah jambu kristal, jengkol dan lengkeng, Azhar juga berencana untuk segera meresmikan objek wisata alam baru di sekitar perkebunannya yang bernama, Pemandian Batu Jodoh.

“Insyaallah tahun depan kita akan segera resmikan objek wisata alam baru di Rokan Hulu ini, yakni PEMANDIAN BATU JODOH, yang terletak tidak jauh dari objek wisata alam air panas Swaman dan Goa Si Kafir,” imbuhnya.

“Sehingga nanti pengunjung objek wisata ini, juga dapat membeli buah-buahan segar dengan memetiknya sendiri dari pohon,” tutup Azhar.

Ditempat yang berbeda, Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Adolf Bastian M.Pd bersama Wakil Rektor II, Khairul Fahmi ,ST,MT yang berkesempatan dapat melihat langsung perkebunan buah milik Azhar mengatakan, bangga dan apresiasi tehadap mahasiswa UPP yang hendak menyelesaikan masa studinya tersebut.

“Ini adalah sebuah gagasan baru dari mahasiswa kita, dan patut mendapatkan apresiasi dari kita civitas Kampus UPP yang memiliki visi dan misi sebagai Kampus Teknopreneur, kampus pengusaha Sukses,” jelas Adolf.

Rektor UPP itu juga berharap, kegigihan dan ide cemerlang dari Azhar dapat dijadikan contoh bagi mahasiswa lain untuk menjadi lulusan pencetak lapangan kerja, bukan sebagai pencari pekerjaan.


Tags: