• Posted: 2020-09-02 11:03:34
  • By: administrator29
  • Readed: 95

Membanggakan, Dua Mahasiswa Mapala UPP LULUS Program Pepelingasih 2020

PASIRPENGARAIAN – Kabar membanggakan datang dari dua mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Syahrizal hambali dan Erla Sari yang merupakan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UPP diterima sebagai pemuda Peduli Lingkungan Asri dan dan Bersih (Pepelingasih) 2020 oleh Kemenpora.
Program Pepelingasih merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dibidang kepemudaan yang melibatkan para pemuda pelopor seluruh provinsi untuk berkonsentrasi pada kepedulian lingkungan khususnya kebersihan sungai dari tumpukan sampah yang membahayakan ekosistem sekitar.
Adapun Syahrizal Hambali dan Erla Sari merupakan mahasiswa Fakultas pertanian UPP yang aktif dalam Organisasi Mapala.
Dalam penjelasan Erla sari, seluruh peserta Pepelingasih 2020 menerima Training of trainer (ToT) dari beberapa tokoh nasional seperti Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, dan lainnya.
“Kami para peserta mendapat berbagai ilmu dan keterampilan dalam pengelolaan dan pemilihan sampah seperti pemanfaatan limbah kertas menjadi kerajinan yang bernilai tinggi, pembuatan Eco Brick, Nirmala Zero Waste tanpa tempat pembuangan akhir, pemanfaatan minyak jelantah menjadi sabun cuci dan sukses beternak belatung,” jelas Erla panjang lebar, Rabu (02/09/2020).
“Dengan mendapatkan ilmu dan materi yang diberikan, kami nantinya dapat langsung terjun ke tengah masyarakat dan menjadi salah satu pionir dan penggerak sadar lingkungan di Rokan hulu,” tutupnya.

Tags: