• Posted: 2021-11-30 18:42:10
  • By: administrator29
  • Readed: 232

Melalui hibah PKKM, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP memperluas Program Students Exchange

Prodi pendidikan Bahasa Inggris UPP tahun 2021 ini kembali mendapatkan Hibah PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) setelah pada tahun 2020 lalu mendapatkan Hibah KSKI (Kerja sama Kurikulum dan Implementasi MBKM).


Prodi pendidikan Bahasa Inggris yang berada di bawah naungan LLDIKITI X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepri, Prodi pendidikan bahasa inggris Universitas Pasir Pengaraian satu-satunya yang memperoleh Dana Hibah PKKM ini.


Rektor Universitas Pasir Pengaraian, DR Hardianto MPd menjelaskan, bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP adalah satu satunya Prodi di Unversitas Pasir Pengaraian yang mendapatkan hibah KSKI MBKM di tahun 2020 dan diikuti 3 prodi (Pendidikan Fisika, Matematika dan Agroteknologi) di tahun 2021. Prodi Pendidikan bahsa inggris pada tahun 2020 Telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan telah mempersiapkan segala dokumen dokumen penunjang seperti panduan kurikulum, SOP, Penyusunan RPS hingga MoU dengan beberapa Mitra pendukung.


Ia mengatakan, implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini bertujuan untuk memberikan hak belajar 3 semester bagi mahasiswa untuk dapat belajar di luar program studinya untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya yang lebih sesuai dan gayut dengan kebutuhan zaman.


“Dan untuk tahun ini Prodi Pendidikan Bahasa Inggris adalah satu-satunya program studi yang memiliki mahasiswa dari luar Kampus yang belajar dan mengambil mata kuliah di UPP. Semoga kedepannya Prodi Pendidikan bahasa inggris dapat menjadi Prodi Model dan percontohan untuk Implementasi MBKM ini,” kata Hardianto.


Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pipit Rahayu MPd menjelaskan, tahun ini ada 17 Mahasiswa Prodi pendidikan Bahasa inggris UPP Yang telah melalui tahap seleksi dikirim untuk belajar di Universitas besar yang ada di Indonesia seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, BINUS, Universitas Bandar Lampung , Universitas Internasional Batam dan Universitas Islam Riau. Selain itu, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP telah memiliki Kelas belajar Internasional.


“Dengan adanya mahasiswa Internasional dari Thailand dan Malaysia yang belajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP untuk mengambil beberapa Mata Kuliah Introduction to Literrature, TOEFL, Structure, English Phonology dan Budaya Melayu Riau. Selain itu ada ada 8 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Internasional Batam dan 10 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Riau yang belajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UPP untuk mengambil mata kuliah English Public Speaking,” jelasnya.


“Dengan adanya penerimaan mahasiswa dari luar kampus ini juga menandakan kepercayaan dan kerja sama yang cukup baik dari kampus-kampus yang ada di luar Prodi pendidikan bahasa inggris UPP ,” tambah Pipit Rahayu.


Ketua PKKM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Eripuddin MPd saat ditemui lokasi terpisah mengatakan, bahwa dengan didapatkannya Hibah KSKI MBKM dan PKKM di tahun ini, Program Asistensi Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pun telah terlaksana dengan baik.


“Sekolah sekolah Unggul dan bertaraf Internasional di provinsi Riau, seperti SMUN Plus Provinsi Riau dan SMA Darma Yuda telah menjadi tempat mahasiswa Prodi pendidikan bahasa inggris meningkatkan kompetensinya tidak hanya diranah pedagogy tetapi juga administrasi dan manajemen pendidikan juga didapat dalam program Asistensi mengajar tersebut,” katanya.


Selain itu dapat diinformasikan, pada tahun ini dosen dosen prodi pendidikan bahasa inggris telah mendapatan sertifikasi profesi dari BNSP RI (Badan Nasional Sertifikasi Profisesi Republik Indonesia) seperti Certified Public Speaking (Pipit Rahayu), Certified English Tour Guide (Pipit Rahayu, Batdal Niati, Evi Kasyulita, Wirda Jannatul, Eripuddin, Rivi Antoni dan Andri Donal) dan Certified English for Hotel Program – Front Office (Pipit Rahayu).

Tags: