• Posted: 2020-07-21 14:56:05
  • By: administrator29
  • Readed: 80

Mahasiswa KKN UPP Silaturahmi dan Bersihkan Surau Babussalam Muara Musu

MUARARUMBAI – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok  35 Universitas Pasir Pengaraian (UPP) 2020 di Desa Muara Musu,  Kecamatan Rambah Hilir menggelar silahturahmi ke Surau Suluk Babussalam.
Surau yang terletak di Dusun Muara Musu Timur, Desa Muara Musu, Kecamatan Rambah Hilir, Rokan Hulu ini dikatakan didirikan pada tahun 1921 oleh Allah yarham tuan guru Syeikh H. Muhammad Noer Rokan Alkhalidi Naqsabandi.
Selanjutnya di teruskan serta dirawat dengan sederhana oleh anak nya yakni tuan guru H. Abdul Muthalib Alkhalidi Naqsabandi serta warga setempat yang hanya berjumlah 8 kepala keluarga.
Hingga kini, Serambi Madrasah Suluk Babussalam Muara Musu masih aktif dalam kegiatan bersuluk, tawajuk hingga  memperingati haul sang pendiri serambi Madrasah.
Selain bersilaturahmi, Mahasiswa KKN juga ikut membantu proses pengecatan serambi Madrasah suluk.
“Tujuan Kami melakukan silaturahmi ke Surau ini, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Surau ini dan juga untuk membersihkannya, karena menurut kami ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang hampir hilang ditelan zaman,” ungkap ketua KKN kelompok 35 Ramdhan Akmal Arif.
Ramdhan juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap melestarikan dan menjaga bersama-sama salah satu peninggalan sejarah penting di Desa Muara Musu.
“Karena bangunan ini termasuk Surau tertua di kecamatan Rambah Hilir” tambahnya.
Ditempat yang berbeda, Kepala Desa Muara Musu, Amri mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN UPP.
“Terima kasih kepada mahasiswa KKN UPP yang telah bekerja keras dalam membantu membersihkan dan mengecat gedung surau Suluk Babussalam ini,” jelas Kades.

Tags: