• Posted: 2021-09-03 20:48:05
  • By: administrator29
  • Readed: 369

Kebidanan FKK UPP Bekali Mahasiswa Ilmu Baby SPA and Mom Treatment

Menyadari akan pentingnya pelayanan optimal untuk ibu dan bayi,maka Program studi D3 kebidanan Fakultas kesehatan dan kecantikan universitas pasir pengaraian (UPP) membekali lulusan nya untuk menguasai ilmu tentang bayi dan ibu dengan menggelar pelatihan “Baby SPA and Mom Streatment”.


Pelatihan tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UPP, Zulkifli,SH ,MH, CLA di Sapadia Rohul Hotel pada Jumat (03/09/2021) pukul 09.00 WIB.


Pada pelatihan yang di taja oleh Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan dan Kecantikan itu tampak hadir, Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH CLA, Dekan Fakultas Kesehatan dan Kecantikan UPP, Rika Herawati M.Kes, Direktur PT satu Visi Management, Maman Suryaman SE, Ka. Prodi DIII Kebidanan, Sri Wulandari MPH dan dosen serta puluhan peserta dari berbagai kalangan.


Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH CLA usai membuka pelatihan tersebut menyampaikan, sertifikat yang di dapat oleh mahasiswa akan di akui menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi lulusan prodi D3 kebidanan Universitas Pasir Pengaraian.


“Melalui pelatihan yang ditaja D3 kebidanan bersama PT satu visi manajemen kita harapkan kepada peserta setelah mengikuti kegiatan ini akan mempunyai keahlian tambahan yaitu Baby Spa and Mom Treatment, dan peserta nanti juga akan dibuatkan SKPI sebagai surat keterangan pendamping ijazah bagi mahasiswa D3 kebidanan,” tuturnya.


Ditempat yang sama, Dekan Fakultas Kebidanan dan Kecantikan UPP, Rika Herawati Mkes mengutarakan, pelatihan ini adalah agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya kepada mahasiswa agar mereka mempunyai keahlian tambahan.


“Ini merupakan kegiatan rutin yang akan kami lakukan setiap tahunnya kepada mahasiswa sehingga mahasiswa kami nanti mempunyai keahlian tambahan karena nanti dari pelatihan ini akan ada gelar yang dipakai untuk mahasiswa sepanjang masa,” paparnya.


Selain itu, lanjut Rika, dari pelatihan ini mahasiswa bisa membuat klinik mom and baby spa sehingga ini adalah penerapan dari teknopreneur sesuai dengan visi Fakultas dan UPP.

Kami mengajak seluruh masyarakat Rokan Hulu, terutama tenaga kesehatan ataupun umum agar bergabung bersama kami di pelatihan-pelatihan berikutnya,” ujar Dekan Fakultas Kesehatan dan Kecantikan UPP itu.

Sementara itu, Ka Prodi DIII Kebidanan UPP, Sri Wulandari MPH menyampaikan bahwasanya kegiatan pelatihan BABY SPA AND MOM TREATMENT yang ditaja oleh panitia dari program studi D3 Kebidanan.

Sri juga menyampaikan, bahwasanya tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan profesional dibidang pendidikan dan pelatihan bagi bidan, dokter, tenaga kesehtan lainnya dan umum.

“Seperti yang disampaikan Ketua panitia Andria,M.Biomed bahwa peserta pelatihan pada hari ini terdiri dari dokter, bidan, perawat dan umum yang berasal dari kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Padang Lawas Sumatra Utara. Setelah pelatihan ini terlaksana maka para alumni akan memperoleh gelar CBMT (Certified Mom and Baby Treatment) yang boleh disematkan di belakang nama alumni,” jelasnya.

Ditambahkan Sri, kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan untuk mencapai Visi dan misi dari program studi D3 kebidanan yang tujuannya “menciptakan bidan yang unggul dibidang kesehatan ibu dan anak serta berkemampuan teknopreneur”

“Kami berharap kegiatan ini bisa menciptakan tenaga kesehtan ataupun pelayan bidang kesehatan yang ahli dan mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat khususnya ibu dan anak di Era Digital ini. Karena jika kita melihat di kota-kota besar pelayanan kebidanan itu tidak hanya diberikan di tempat pelayanan kesehatan, akan tetapi sudah memberikan home care dan bidan on call. Jadi setelah adanya pelatihan ini para alumni dari pelatihan ini bisa memberikan pelayanan yang ada seperti yang ada pada kota-kota besar bidan siap panggil/home care,” terangnya.

Menurut Sri, pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan kedepannya dan pada kesempatan ini juga di adakan penandatanganan MOU dan Moa oleh Dekan Fakultas kesehatan dan kecantikan UPP, Rika Herawati MKes dan Direktur PT satu Visi Management, Maman Suryaman SE dan didampingi Wakil Rektor I UPP, Zulkifli SH MH CLA dan Ka Prodi Kebidanan UPP, Sri Wulandari MPH.

Ka Prodi Kebidanan UPP itu, berpesan kepada direktur PT satu visi meminta khusus untuk kerjasama ini terjalin lebih baik lagi, karena kami berada di kabupaten yang jauh dari Jakarta sekiranya ada permintaan pelatihan serupa yang berhubung dengan pihak satu visi mohon di arahkan ke fakultas kesehatan UPP sebagai apresiasi untuk kerjasama ini.

Pada kesempatan itu juga, Sri menyampaikan, bahwa akan melanjutkan pelatihan dengn topik “AESTHETIC skincare” pada tanggal 18-19 September 2021.(Na)

Tags: