• Posted: 2021-09-03 10:59:23
  • By: administrator29
  • Readed: 154

Gelorakan semangat agropreneurship, Faperta UPP siapkan generasi tangguh di bidang pertanian

PKKMB Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rokan Hulu digelar murni daring mengingat kondisi pandemi yang belum berakhir. namun tidak mengurangi makna dan antusiasme mahasiswa baru dalam melakukan pengenalan terhadap kehidupan akademik kampus.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari Dekan Faperta UPP, Lufita Nur Alfiah SP MSi yang menyampaikan profil Fakultas Pertanian.

Lufita memaparkan profil Fakultas dengan apik dan interaktif dihadapan seluruh mahasiswa baru Faperta UPP secara daring.

“Visi misi Fakultas Pertanian UPP yakni “Menjadi lembaga pendidikan tinggi pertanian berlandaskan iman, taqwa, berbudaya melayu, unggul, dan Sustainable Agrotechnopreneurship berbasis kearifan lokal di kopertis wilayah X pada tahun 2035,” papar Lufita Nur Alfiah.

Sementara itu dalam sesi materi General Education Lufita menekankan pentingnya mahasiswa melakukan reorientasi tujuan mereka kuliah dan menempuh pendidikan tinggi. para mahasiswa seringkali berpikir bahwa mereka kuliah untuk mencari pekerjaan. pola pikir seperti ini kemudian yang menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan teori dan skill yang cukup namun minim sisi afeksinya.

“Pendidikan harusnya menghasilkan karakter manusia yang beradab dan berilmu, bertanggungjawab, open minded, kompetitif, analitis, komunikatif, toleran, memiliki jiwa enterpreneurship dan tanggap terhadap lingkungan,” jelasnya.

Kegiatan PKKMB Fakultas Pertanian UPP juga diisi dengan penyampaian materi tentang Pembentukan karakter mahasiswa, Pengenalan Nilai Etika dan Norma, serta Kesiapan Perguruan Tinggi di Era Revolusi 4,0. Materi diberikan oleh dosen-dosen Fakultas pertanian yang terdiri dari Ir Edward Bahar, MP, DR Defidelwina, M Sc serta Danang Saputra SPt Msi.

Dalam sesi tersebut pemateri menekankan pentingnya etika dan moral dalam capaian pembelajaran. Mahasiswa Faperta harus kompeten, kompetitif, produktif, dan melek teknologi di era masyarakat 4.0. Apa yang harus dilakukan mahasiswa di era Revolusi Industri 4,0 ? Tidak lain adalah Proses belajar tiada henti. Skill yang dibutuhkan dalam menghadapi perubahan ini antara lain, Complex problem solving, Critical thinking, creatifity people management, Co-ordinating with others dan Emotional Intelligence.

PKKMB diikuti secara daring oleh seluruh mahasiswa baru yang berasal dari berbagai kabupaten di Riau seperti Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis dan Rokan Hulu. adapun jumlah mahasiswa Fakultas Pertanian UPP pada tahun ini berjumlah 119 orang. sementara total mahasiswa baru UPP pada tahun ini berjumlah 1046.

Kegiatan PKKMB juga diselingi game dan kuis atraktif dengan hadiah yang menarik.

Kegiatan diakhiri dengan pengenalan ke masing-masing program studi yakni Prodi Agribisnis dan Agroteknologi.

Reporter : Rasid Ahmad

Tags: