• Posted: 2022-09-26 19:27:53
  • By: administrator29
  • Readed: 173

Dukung Penjualan Digital, Tim PKM UPP Latih Petani Aren Pembuatan Desain Grafis

PASIRPENGARAIAN – Untuk memebantu masyarakat dalam pemasaran produk Gula Semut Aren, Tim Programa Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Fakultasa Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan pelatihan desian grafis dan branding.

Pelatihan desain grafis itu diikuti oleh para petani aren dan koperasi desa setempat serta staf Desa yang di pusatkan di Aula Kantor Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (26/09/2022) pukul 09.00 WIB.

Sedangkan Tim PKM UPP terdiri dari, Dekan Filkom UPP, Hendri Maradona MKom, Luth Fimawahib MKom, dan Rina Febrinova SE MMA serta mahasiswa.



Kades Bangun Purba Timur Jaya, Rusli Sireger diwakili Sekdes Bangun Purba Timur Jaya, Lukman Siregar pada membuka pelatihan tersebut berharap kepada peserta pelatihan desain grafis (Petani Aren dan Koperasi) untuk dapat mengikuti pelatihan itu dengan sebaik-baiknya, karena ini salah satu dasar upaya yang harus dilakukan dalam mamasarkan produk yang telah di olah.

“Kami selaku pemerintah desa sangat mensupport kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan ini kami merasa sangat terbantu dalam pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat yang profesinya sebagai petani aren,” paparnya.

Sementara itu, Hendri Maradona MKom selaku Ketua Tim PKM UPP mengatakan, pelatihan desain grafis ini dilakukan merupakan kegiatan lanjutan, dimana sebelumnya Tim PKM UPP telah melakukan sosialisasi kepada petani aren dan koperasi tentang cara mengolah air aren menjadi gula semut aren.

“Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Dimana beberapa waktu yang lalu kita telah mengajar kepada petani dan anggota koperasi cara mengolah air aren menjadi gula semut aren dan untuk hari ini kita melatih para petani aren bagai cara membuat desain grafis sebagai bran pada kemasan produk olahannya,” tuturnya.

Hendri yang juga Dekan Filkom UPP itu menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk melatih para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi dibidang desain grafis branding dan kemasan.  Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat yang telah lulus dalam penerimaan hibah dari kementerian.

“Kegiatan ini kami lakukan selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM (Petani Aren/koperasi) di Desa Bangun Purba Timur Jaya dibidang desain grafis sebelum produk olahannya dipasarkan,” jelasnya.



Selain membantu petani aren dalam pembuatan Desain Grafis (Pembuatan Logo, tagline dan lainnya) Tim PKM UPP, juga membantu petani dalam pembuatan atau penyediaan website, dimana website ini bertujuan untuk portal UMKM atau koperasi agar lebih mudah aksesnya bagi masyarakat luas.

“Kemudian kami juga menyediakan kepada petani aren (UKM) pembuatan konten media sosial seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan iklan-iklan yang ada di media sosial nantinya,” ujar Maradona.

Maradona mengakui, kegiatan ini berlangsung dengan beberapa sesi, dimana pada sesi pertama kemarin yaitu sosialisasi dan memasak air aren menjadi gula aren. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Digital Branding, mengolah gula aren menjadi gula semut dengan menggunakan teknologi.

Selanjutnya, kata Maradona, bahwa dirinya menjadikan Desa Bangun Purba Timur Jaya itu menjadi desa binaannya dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap, para petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya tetap semakin kompak dalam menjalankan kegiatan ini sehingga kedepannya mampu meningkatkan perekonomian para petani aren di Desa Bangun Purba Timur Jaya ini,” harapnya.

Tags: