• Posted: 2021-02-19 19:33:08
  • By: administrator29
  • Readed: 59

Dosen UPP Tetap Produktif Melaksanakan Penelitian Ditengah Pandemi

PASIRPENGARAIAN – Sebagai institusi pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian (UPP) memiliki kewajiban dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu darma tersebut adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

UPP melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) selalu bekerja keras untuk meningkatkan jumlah dosen yang melakukan penelitian. Salah satu peluang yang bisa didapatkan oleh dosen adalah dengan mengajukan proposal kepada RISTEK BRIN yang nantinya akan mendapatkan dana hibah penelitian secara kompetitif nasional maupun melalui hibah internal UPP. LPPM sangat mendukung setiap dosen untuk menjalankan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat.

“Ini adalah tanggungjawab kita sebagai akademisi untuk mengembangkan keilmuan kita sesuai dengan kepakaran masing-masing dan diharapkan dengan penelitian ini, Dosen akan semakin memberikan solusi nyata terhadap persoalan di masyarakat,” tutur Dr Dedi Mardiansyah selaku Kepala LPPM UPP, Kamis (18/2/2021).

Lanjutnya, melalui dana hibah 2021, RISTEK BRIN memberikan support dana kepada Dosen di lingkungan Kemendikbud dalam melakukan penelitian. Pada tahun 2021 ini, Dosen Universitas Pasir Pengaraian menerima dana hibah sebanyak 10 judul dengan skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan 1 bantuan penelitian Disertasi Doktor (S3).

“Diharapkan Hibah Penelitian ini dapat di maksimalkan dalam melaksanakan penelitian,” jelasnya.

Tambahnya, bahwa daftar nama dosen UPP penerima hibah RISTEK BRIN 2021diantaranya ; Dahlia MPd (PDP), Dona MKom (PDP), Harriad Akbar Syarif MT (PDP), Heri Suripto MT (PDP), Ilham Rahmawati MPd (PDP), Luth Fimawahid MKom (PDP), Masdi Janiarli MKes (PDP), NurulHidayati MSi (PDP), Pipit Rahayu MPd (Disertasi), Ryan Prayogi MPd (PDP) dan WirdaJannatul J MPd (PDP).

Selanjutnya, Dedi lebih lanjut menjelasan, untuk meningkatkan jumlah penerima hibah ditahun berikutnya, LPPM UPP mewajibkan seluruh Dosen yang eligible untuk mengirimkan Proposal Hibah Kepada RISTEK BRIN.

“LPPM juga akan melakukan pendampingan terhadap dosen dalam menyelesaikan proposal tersebut. Sehingga diharapkan usaha ini akan meningkatkan signifikan sejumlah penerima hibah di tahun 2022,” paparnya.

Ditempat yang berbeda, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd menambahkan, bahwa dirinya sangat merasa bangga terhadap Dosen UPP yang menerima dana hibah tersebut. “Ini adalah bukti nyata pemerintah sangat peduli terhadap pendidikan di Indonesia, salah satu contoh di UPP ini,” tuturnya.

Dr Hardianto MPd berharap untuk tahun berikutnya jumlah Dosen UPP yang menerima hibah dari pemerinrah akan semakin meningkat sehingga dengan peningkatan itu tentunya semakin menambah semangat dan kerja keras para dosen dalam melakukan penelitian dan dapat membantu masyarakat.

Tags: